Hai Sobat Pio! Bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu baik-baik aja ya. Oh ya, ada nggak diantara Sobat Pio yang suka baca cerita fiksi atau sejenisnya? Kalau ada pasti sudah gak asing lagi dong dengan cerita yang panjang dan banyak konfliknya? Iya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Novel. Yuk, simak penjelasannya!

Novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang atau si tokoh utama dengan orang yang berada di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku dalam kisah yang diceritakan. Novel sendiri terdiri atas bab dan sub-bab tertentu sesuai dengan kisah ceritanya. Dan Novelis adalah sebutan untuk seorang penulis novel.

Perjalanan sejarah genre novel itu sendiri berkelanjutan dan komprehensif selama sekitar dua ribu tahun. Pandangan ini muncul karena berawal dari Yunani dan Romawi Klasik, abad pertengahan, awal roman modern, dan tradisi novella. Lalu, apa itu novella? Novella adalah suatu istilah dalam bahasa Italia untuk menggambarkan cerita singkat, yang dijadikan istilah dalam bahasa Inggris saat ini sejak abad ke-18. Ian Watt, sejarawan sastra Inggris, menuliskan dalam bukunya The Rise of The Novel (1957) bahwa novel pertama muncul pada awal abad ke-18.

Novel merupakan salah satu karya sastra yang populer di dunia. Sebuah cerita dengan berbagai konflik kehidupan yang menjadi inti permasalahan yang kompleks. Novel sendiri dapat menggambarkan realitas sosial, politik, dan kepribadian dari suatu tempat dan periode waktu dengan kejelasan dan detail yang tidak ditemukan dalam tulisan-tulisan sejarah. Hal ini menjadi pembeda dengan historiografi.

Seperti kebanyakan sebuah cerita, novel juga memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.  Saat ini, novel berada di peringkat pertama dalam jumlah kata lalu diikuti novella, cerpen, serta fiksi kilat. Dan dalam kriteria sistem penilaian, panjang sebuah novel menjadi hal penting untuk diperhatikan. Selain dalam bentuk buku, kita juga bisa menikmati novel dalam bentuk elektronik atau e-book. Banyak aplikasi bermunculan yang berisi novel belum selesai atau masih on going. Itu tadi,  penjelasan singkat tentang novel semoga bermanfaat and see you. (RED_AP&LFH)

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org

https://pusatbahasaalazhar.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *