Hai Sobat Pio! Kalian pasti sudah sering kali mendengar kata batik? Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni cukup tinggi dan menjadi bagian dari budaya di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Sejarah perbatikan di Indonesia berkaitan erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan beberapa kerajaan lainnya, dalam beberapa catatan perkembangan batik itu sendiri banyak dilakukan pada masa Kerajaan Mataram kemudian pada Kerajaan Solo dan Yogyakarta. Beberapa motif batik sendiri dapat dijadikan sebagai petunjuk status seseorang, bahkan sampai saat ini motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta.
Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya disesuaikan dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa motif batik yang populer di Indonesia :
● Batik Megamendung
Batik Megamendung merupakan motif kain batik khas daerah Cirebon, berbentuk awan besar yang berwarna cerah dan mencolok. Warna umum yang digunakan pada batik Megamendung adalah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.
● Batik Tujuh Rupa Pekalongan
Merupakan motif batik elegan yang banyak dihasilkan di kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan didominasi oleh motif tumbuh-tumbuhan dan hewan.
● Batik Lasem
Batik Lasem adalah batik yang berasal dari daerah bernama Lasem yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem memiliki ciri khas warna merah menyala, karena batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.
● Batik Bali
Motif batik Bali banyak terinspirasi dari berbagai hewan seperti kura-kura, burung bangau, dan rusa. Warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan dengan warna cerah seperti biru, kuning, dan ungu.
● Batik Betawi
Batik Betawi kerap ditampilkan dalam pameran kebudayaan Betawi ataupun pada acara bergengsi seperti perhelatan Abang None Jakarta. Pilihan warna cerah yang mencolok dipadukan dengan motif unik khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong menjadi ciri khas batik Betawi.

Jadi Sobat Pio, kesenian batik berkembang secara pesat. Kini batik mulai ditiru masyarakat dan meluas menjadi pekerjaan umum para wanita untuk mengisi waktu luang. Dulu batik hanya dipakai oleh kalangan istana, namun sekarang ini batik sudah digemari oleh semua orang dan menjadi pakaian khas Indonesia. Nah Sobat Pio, itulah beberapa informasi mengenai batik. Semoga bermanfaat. (RED_ANA)
Sumber : https://www.pembelajaranmu.com
https://fabelio.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *