Roti Canai atau yang dikenal juga sebagai roti maryam merupakan makanan yang  berbentuk bundar dan memiliki tekstur yang tipis. Roti ini menjadi salah satu camilan yang sekarang digandrungi masyarakat Indonesia. Roti canai juga menjadi makanan di beberapa negara lain, termasuk negara tetangga kita. Di negara-negara lain, roti canai dikenal dengan nama yang berbeda-beda.

Konon, roti canai berasal dari India, tepatnya dari Chennai yang kemudian menjadi asal-usul namanya. Ketika masuk ke negara lain, roti canai memiliki banyak nama berbeda. Salah satunya adalah roti prata yang dikenal warga Singapura dan Malaysia, atau disebut juga sebagai flying bread oleh orang Eropa,sedangkan di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang berarti Biskuit Panggang India.

Roti ini memiliki rasa yang gurih dan manis.Dan bisa diberi isi dengan pisang, keju, coklat, bombai, dan telur. Juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh seperti memperlancar saluran pencernaan, bisa menunda lapar, mengendalikan gula darah yang tinggi dan rendah lemak.

Cara membuat Roti Canai
Bahan:
·    2 sendok teh Gula.
·    1 sendok teh Garam.
·    Margarin secukupnya saja.
·    Minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan .
·    600 gram Tepung terigu.
·    2 buah Telur ayam.
·    100 ml Minyak goreng.
·    300 ml Air hangat.
·    2 sendok makan Susu bubuk.

Alat :
·    pisau
·    oven
·    kompor
·    loyang
·    garpu

Langkah-langkah Membuat Roti Canai
1. Pertama,Masukkan 2 telur ayam, 300 ml air hangat, dan 100ml minyak goreng dalam satu loyang. Kocok menggunakan garpu, aduk hingga bahan tercampur rata.
2. Tambahkan 600 gram tepung terigu,1 sdt garam,2 sdt gula, dan 2 sendok susu bubuk. Uleni adonan dan banting2 adonan hingga  dan lengket dan kalis.
3. bentuk menjadi Bulat adonan sesuai dengan ukuran yang kita iinginkan. Kalau saya kira -kira 1/2 kali ukuran bola ping pong. Lalu rendam adonan dalam 100 ml minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan kira-kira 1-2 jam.
4. Setelah adonan direndam dalam 100 ml minyak, pipihkan adonan hingga benar2 tipis tapi jangan sampai adonan robek , lalu oleskan mentega hingga merata.
5. Lalu gulung adonan menjadi bentuk lonjong, lalu tarik-tarik agar adonan menjadi panjang.
6. Gulung adonan dengan arah yang berlawanan sehingga membentuk  huruf ‘S’. Lalu tumpuk adonan.
7. gepengkan adonan sampai melebar, dengan ditarik-tarik karena adonan agak liat. Terus ulangi langkah dari 4-7 sampai bola adonan habis.
8. Goreng di wjan/teflon tanpa minyak hingga adonan berubah menjadi kecoklatan. Roti canai siap dihidangkan bersama susu kental manis/kuah kari/es krim/selai/keju parut, dll.
9. Jika tidak habis maka bisa disimpan dalam showcase berkualitas agar suhunya tetap terjaga dan kebersihannya tetap terjaga.(RED_FR)

Sumber :https://bobo.grid.com
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *