Kiloe Journalist

Hai Sobat Pio! Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia memiliki beragam budaya mulai dari suku, tarian, etnis, tempat wisata, agama, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa kebudayaan Indonesia juga sudah diakui oleh UNESCO, lo sobat. Yuk, kita simak beberapa  ulasan berikut mengenai kebudayaan Indonesia yang mendunia.

  1. Batik Indonesia

Batik merupakan warisan budaya nusantara yang sudah mendunia dan diakui oleh UNESCO. Batik memiliki ciri khas motif yang berbeda-beda di setiap daerah. Terdapat dua jenis batik yaitu batik tulis dan batik cetak.

  1. Wayang Kulit

Wayang kulit juga termasuk budaya yang diakui UNESCO dan banyak turis yang tertarik untuk mempelajari budaya ini. Wayang kulit adalah budaya Jawa yang pementasannya terdiri dari dalang, sinden, dan para pemain musik gamelan. Wayang kulit ini juga pernah dijadikan media penyebaran Islam di Indonesia oleh salah satu Walisongo yaitu Sunan Kalijaga.

  1. Angklung

Angklung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari bambu. Alat musik ini hampir dicuri oleh negara tetangga. Namun, sekarang alat musik ini sudah didaftarkan dan diakui oleh UNESCO bahwa angklung berasal dari Indonesia.

  1. Keris

Keris adalah senjata tradisional dari Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan magis atau supranatural. Keris biasanya digunakan oleh para anggota kerajaan sebagai senjata pusaka yang dituakan. UNESCO juga mengakui Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005.

  1. Reog Ponorogo

Reog ponorogo merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Dalam pementasannya tidak ada skenario yang pasti dan paten. Pemain reog memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota terbuat dari bulu merak yang beratnya mencapai 50-60 kg. Penari membawakan topeng reog ini menggunakan giginya. Penari reog tidak hanya membutuhkan latihan dan fisik yang kuat, namun juga membutuhkan kekuatan dari latihan spiritual berupa puasa dan bertapa.

Jadi, itulah beberapa budaya dari Indonesia yang mendunia dan telah diakui UNESCO. Semoga bermanfaat ya Sobat Pio.(RED_IS&VN)

Sumber: www.google.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *