Tradisi Potong Jari Ala Suku Dani

By 21:20



    Hai sobat pio! Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik yaa. Pada artikel kali ini kita membahas mengenai Tradisi. Apa itu tradisi? Tradisi yaitu Suatu kebiasaan yang dilakukan sejak lama secara turun-temurun yang dilakukan oleh kelompok masyarakat tertentu. Jadi, Tradisi yang kita bahas kali ini adalah Tradisi Potong Jari Ala Suku Dani.

     Setiap tempat punya ritualnya sendiri dalam menunjukkan rasa kehilangan ketika ditinggal salah satu anggota keluarga untuk selamanya. Ada yang mengadakan doa dan syukuran, sampai melakukan tradisi ekstrem yang bikin merinding seperti yang dijalani oleh Suku Dani di Papua. Mengapa begitu ya sobat? Ya, karena jika ada orang dekat yang meninggal mereka akan langsung memutuskan salah satu ruas jarinya.Ritual potong jari bisa disebut dengan ritual Iki Palek.
     Bagi ritual ini mungkin ekstrem, tapi menurut masyarakat suku Dani, nggak ada cara yang lebih baik untuk mengungkapkan rasa kehilangan selain melakukan ritual berbahaya ini. Rasa sakit yang diterima bagi mereka melambangkan hati dan jiwa yang juga tercabik karena kehilangan.
     Pemotongan jari dimaksudkan sebagai lambang yang amat sangat kehilangan. Rasa sakitnya, diumpamakan seperti menderitanya hati ketika saudara meninggal. Makanya, mereka pun seolah tak masalah melakukan ritual menyakitkan ini. Di samping itu, kemauan memutuskan salah satu ruas jari juga jadi bukti kesetiaan mereka terhadap keluarga. Orang-orang Dani tahu betul kalau ritual ini akan sakit, tapi mereka mau melakukannya atas nama kesetiaan.
     Awalnya banyak beranggapan kalau ritual ini dilakukan oleh semua orang, tapi dalam praktiknya Iki Palek atau potong jari hanya dijalani oleh kaum wanita saja. Biasanya para ibu atau wanita tertua. Jadi, ketika ada kerabat dekat, mungkin suami, anak, atau saudara kandung yang meninggal, maka jari merekalah yang akan diputus.
     Berbicara soal prosesi, sebenarnya nggak ada yang terlalu khusus dalam ritual Iki Palek ini. Asalkan bisa putus maka cara apa pun sah dilakukan. Biasanya orang-orang di sana saat memutuskan jarinya menggunakan semacam kapak atau pisau tradisional.
     Nah, gimana sobat? memang cukup ekstrem ya, Tapi tradisi yang dilakukan suku Dani tersebut sebagai tanda kesetiaan bagi orang yang telah meninggalkannya. Cukup sekian sobat pio, semoga menambah pengetahuan. RED(FS_YPR)

Sumber : https://www.boombastis.com

You Might Also Like

0 comments