Kecerdasan Buatan

By 19:57




     Hai sobat pio!, kali ini kita akan membahas tentang kecerdasan buatan apakah sobat pio tau apa itu kecerdasan buatan?
Kecerdasan atau AI (Artifical Intelligence) telah ada sejak bahasa programan dikembangkan. Namun, dahulu hanya berbentuk perintah untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan berbagai macam cara.
Di tahun 2018 kini, pengembangan AI menjadi begitu pesat, yang dahulunya hanya diterapkan di game ataupun search engine, sekarang telah diterapkan pada telepon pintar. Jadi, seolah kita memiliki asisten pribadi. Adapula penerapan AI pada sistem apartemen yang dapat mengatur kebutuhan rumah tangga kita, bahkan ada YouTuber AIloh, keren kan!

Perlu diperhatikan bahwa AI ini dapat mengancam eksistensi manusia itu sendiri. Sebab AI akan terus berkembang menggantikan peran manusia yang akan berdampak pada penurunan lapangan pekerjaan. Seram juga ya?
Nah, itulah tadi gambaran beberapa teknologi yang diramalkan akan hadir di tahun 2018. Kalian pada nunggu yang mana nih?

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial(bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitasilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Objek/Muka, bermain sepak bola.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tetapi juga mengkonstruksinya.

Oke sobat pio itu tadi sedikit informasi mengenai kecerdasan buatan semoga bermanfaat :)


  

You Might Also Like

0 comments