Donor Darah SMEKDA

By 17:11








 

     Hai sobat pio, apa kabar? Semoga semua selalu sehat ya. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Donor Darah SMEKDA. Masih dalam rangkaian acara Dies Natalis SMK Negeri 2 Kediri, tepatnya pada hari Rabu pada tanggal 8 Agustus 2018, PMR (Palang Merah Remaja) dengan bantuan dari pihak PMI (Palang Merah Indonesia) mengadakan acara donor darah bagi seluruh warga SMK Negeri 2 Kediri. Mulai dari siswa, guru, staf dan karyawan, serta penjual yang ada di kantin sekolah, donor darah dilakukan di ruang UKS SMK Negeri 2 Kediri.

     Tujuan diadakan acara ini karena PMI membutuhkan banyak stock darah untuk membantu warga Kediri yang menderita penyakit Talasemia. Maka dari itu warga SMK Negeri 2 Kediri ikut mendonorkan darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

     Dalam mendonorkan darah terdapat persyaratannya yang harus terpenuhi lho, usianya minimal 17 tahun, untuk perempuan berat badan minimal 45 kg dan untuk laki-laki minimal 50 kg. Selain itu pendonor juga harus dalam keadaan stabil atau tidak memiliki penyakit darah rendah atau tinggi. Donor darah dilakukan kurang lebih dilakukan selama 15 menit, setelah melakukan donor darah akan terjadi hal-hal berikut:

- Luka memar di daerah di mana darah diambil, ini bisa memengaruhi 1 dari 4 orang pendonor. Untuk menguranginya, bisa menaruh kompres air dingin di daerah yang memar selama 24 jam pertama.
- Lengan sakit, bisa meminum obat pereda nyeri yang dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit.
Jika hal-hal tersebut terjadi pada sobat, sebaiknya hentikan segera aktivitas yang sedang sobat lakukan dan duduk atau berbaring sejenak sampai merasa lebih baik. Minumlah banyak air dan makan makanan ringan.

     Apakah sobat tau, donor darah mempunyai manfaat bagi tubuh kita lho? Nah, manfaatnya yaitu menjaga kesehatan jantung, mendapatkan kesehatan psikologis, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan. Nah, cukup banyak kan manfaat dari mendonorkan darah. Sekian ya sobat, artikel dari kami semoga darah yang kita donorkan bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

RED_ SY

You Might Also Like

0 comments