Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri

By 15:25


      


     Hai sobat pio.. apa kabar nih? Pasti baik dong ya. Sobat pio masih ingat nggak beberapa acara di Simpang Lima Gumul yang sangat meriah itu? Ya, dalam acara ulang tahun Kabupaten Kediri ini, pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Pekan Budaya yang diselenggarakan pada tanggal 08-14 Juli 2018. Event ini pun bertujuan untuk menggali potensi dan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri untuk diperlihatkan ke masyarakat supaya mereka tahu dan bisa mengenal sejarah yang ada di Kabupaten Kediri.
     Acara Pekan Budaya ini juga dimeriahkan oleh komunitas masyarakat, satker SKPD, dan masyarakat luar daerah seperti Bali, Tangerang dan Semarang. Perbedaan pekan budaya tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah garis yang di tahun sebelumnya dimulai dari Simpang Lima Gumul, sekarang dibalik dari depan kantor pemerintah daerah melewati jln. Soekarno Hatta dan Jln. Erlangga menuju finish di Simpang Lima Gumul.

      
     Rangkain acara pun telah disiapkan pemerintah Kabupaten Kediri untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Beberapa acara lainnya yaitu Kediri Street Food Fest dan pemerintah Kabupaten Kediri pun mengundang beberapa band untuk mengisi acara. Selain itu, juga terdapat berbagai pameran seperti umkm, busana batik, makanan dan minuman khas Kediri, dan Sewu Barong yang diadakan pada tanggal 14 Juli sebagai penghujung acara. Sewu Barong ini pun sangat menarik karena tidak hanya hari jadi Kediri saja namun dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Medan, Kota Solo, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Blitar, Kabupaten Semarang/Salatiga, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Bojonegoro, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta.
     Kita akan mengulas sedikit tentang Sewu Barong ya sobat pio. Sewu Barong adalah acara kesenian dan budaya khas dari Jawa. Namanya Sewu Barong yang berarti "sewu" adalah seribu, jadi acara tersebut diisi dengan seribu barongan. Walaupun namanya Sewu barong, namun tahun kemarin diisi dengan 4000 ribu barong dan pada tahun ini ada sekitar 1000 barong lebih.

     Masyarakat sangat senang dan antusias dalam event tersebut. Harapan untuk kedepannya semoga event ini menjadi lebih baik dan lebih meriah serta bisa menarik minat masyarakat luar daerah dengan lebih luas lagi. Kalau untuk Sobat Pio apa nih harapan kedepan untuk acara tersebut? Pasti yang baik-baik dong ya. Oh iya sekedar mengingatkan nih, kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus terus menjaga, melestarikan, dan mengembangkan budaya bangsa kita tercinta ya sobat pio, namun ingat dalam mengembangkannya jangan sampai menghilangkan nilai-nilai moral dan kebudayaan yang sudah turun temurun itu. Ingat kalau bukan kita siapa lagi, ya nggak? Okelah sobat pio dari sini dulu ya pembahasan kita seputar event di Kediri dan semoga Kediri tetap bersinar dan jaya dengan potensi-potensi yang dimilikinya.


                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Red(YPR_FS)

You Might Also Like

0 comments