Menghadapi Cuaca Ekstrim

By 15:42


               
Halo sobat pio? Akhir-akhir ini, perubahan cuaca sudah tidak bisa diprediksi lagi. Cuaca ekstrim yang terus melanda Indonesia belakangan ini sangat mengkhawatirkan banyak orang.  Hujan dan panas yang tidak menentu ini mungkin saja membahaya karena tidak hanya menghalangi aktivitas sehari-hari, tetapi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, Kalian harus rajin-rajin menjaga kesehatan Kalian agar kondisi tetap fit. Berikut adalah tips-tips untuk tetap fit dalam menghadapi cuaca ekstrim:
 1. Vitamin C & Vitamin D
Vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan membunuh bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh Kalian. Untuk mendapatkan Vitamin C tidak selalu harus melalui suplemen, cukup mengonsumsi buah-buahan yang paling banyak mengandung Vitamin C, seperti jeruk, apel, kiwi, atau tomat. Selain itu, Vitamin D juga mampu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh Kalian. Vitamin D memang lebih dikenal untuk menjaga kesehatan tulang, namun Vitamin D juga menghasilkan sel T, yang merupakan jenis sel darah putih yang berperan sebagai sel imun. Sel T mampu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak dan terinfeksi.
2. Istirahat yang Cukup
Hal terpenting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurang tidur akan menurunkan kadar sel T dan sel imun lain yang ada di tubuh Kalian. Waktu terbaik tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit adalah ketika tidur. Selain mempunyai sel T yang normal, tidur yang cukup dapat meningkatkan protein khusus (sitokin) yang membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.
3. Konsumsi Makanan yang Bermutu
Untuk tetap sehat di cuaca ekstrim, Kalian juga harus memberikan perhatian lebih pada pola makan Kalian sehari-hari. Usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang sudah pasti berguna untuk tubuh Kalian.
4. Olahraga Teratur Selama Cuaca Ekstrim
Ketika Kalian berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar sehingga sel darah putih pun dapat tersebar menjangkau ke semua bagian tubuh. Olahraga juga membuat suhu tubuh Kalian meningkat. Suhu panas menurunkan tingkat pertumbuhan bakteri-bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.
5. Hindari Kebiasaan Buruk
Hal lain yang bisa Kalian lakukan ketika cuaca sedang tidak bersahabat adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan tubuh. Kurangilah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol agar membantu Kalian hidup lebih sehat.
Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan di cuaca extrem. Namun, ada baiknya Kalian menjadikan aktivitas-aktivitas ini sebagai kebiasaan baru tanpa harus karena sedang cuaca ekstrim saja.

Sumber                : www.futuready.com


You Might Also Like

0 comments