Abon Bonggol Pisang

By 15:54


Halo sobat pio ? tahukah kalian bahwa bonggol pisang dapat kita buat menjadi makanan yang sering kita jumpai sehari-hari, yakni abon. Memang biasanya abon terbuat dari daging sapi, ayam, ikan maupun lele. Namun ternyata bonggol pisang dapat menjadi alternative bahan untuk dibuat abon yang tentunya ramah untuk kaum vegetarian. Penasaran bagaimana cara membuatnya ? simaklah resep berikut ini :




 
Bahan dan Bumbu :
  • 1 kg bonggol pisang (pilih bonggol pisang yang sudah pernah berbuah)
  • 10 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 1/4 ons lengkuas
  • 1 batang serai
  • 5 sendok makan ketumbar (dihaluskan/ diblender)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
Cara membuat abon bonggol pisang :

  1. Siapkan bonggol pisang, cuci bersih lalu potong menjadi beberapa bagian kecil, kemudian parut menjadi lebih halus.
  2. Kukus bonggol pisang yang sudah diparut selama 1/2 jam, setelah berubah warna menjadi kekuningan, angkat kemudian tumbuk sampai lembut dan masukkan bonggol pisang yang telah dilumatkan ke dalam wadah.
  3. Sementara itu siapkan bumbunya, tumbuk bawang merah, bawang putih, lengkuas dan serai, tambahkan ketumbar halus, daun salam, dan daun jeruk purut, tumbuk lagi beberapa saat.
  4. Campurkan bumbu ke dalam bonggol pisang yang sudah diaduk tadi sampai tercampur rata.
  5. Siapkan wajan, kemudian sangrai adonan sampai matang yang ditandai dengan berubahnya warna menjadi kecokelatan, angkat abon yang sudah jadi dari wajan.
  6. Masukkan ke dalam mesin spinner selama 10 menit untuk mengurangi kadar minyaknya, Sekarang abon dari bonggol pisang sudah dapat dikonsumsi dan dikemas untuk disimpan atau dijual.
          Bonggol pisang banyak mengandung serat yang bagus untuk tubuh. Dalam bonggol pisang juga terkandung karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B1, dan vitamin C. Jadi, bonggol pisang dapat dijadikan bahan makanan alternatif untuk pemenuhan gizi. Semoga bermanfaat ya sobat pio, Selamat mencoba.

Sumber : https://wismakreatif.web.id 

You Might Also Like

0 comments