Radiasi Handphone

By 15:52



Halo sobat pio, kabar baik bukan? Dewasa ini penggunaan HP meningkat pesat, apalagi pada masyarakat modern HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Padahal penggunaan HP itu sendiri ternyata menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Pada HP terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinyu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antena dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF (radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik terdiri dari gelombang elektrik dan energi magnetik dengan kecepatan cahaya. Semua energi elektromagnetik jatuh pada spectrum elektromagnetik, yang rangenya dari radiasi ELF (extremly low frequency) sampai sinar X dan sinar Gamma. Pada saat menelepon, posisi HP yang diletakkan dekat dengan kepala memberi peluang radiasi dari HP diserap oleh jaringan tubuh sangat besar. Yang sering diperdebatkan sekarang adalah seberapa besar radiasi tersebut berbahaya & apakah ada efek jangka panjang bagi kesehatan?
Beberapa institusi menyatakan bahwa radiasi dari penggunan HP ini tidak berbahaya. Dan memang radiasi HP tersebut tergolong gelombang RF, yang tidak cukup berbahaya. Tetapi bukan berarti kemungkinan adanya efek samping tidak ada. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh, karena kemampuannya untuk memanaskan jaringan tubuh seperti oven microwave yang memanaskan makanan. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang. Beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP yakni, Sakit kepala, Kanker, Tumor otak,  Alzheimer, Parkinson, Fatigue  (terlalu capai), dll.
Pada penelitian yang berbeda, ada yang menyatakan radiasi HP lebih banyak menyebabkan kanker dan kelainan. Ada pula yang menyatakan bahwa radiasi HP tidak berhubungan dengan kanker. Terlepas dari mana yang benar atau salah tentu kita sebaiknya bersikap waspada mengantisipasi, dan tidak meremehkan resiko dari radiasi ini. Jauhkanlah HP dari kalian ketika tidak sedang memakainya. Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan ginjal, jantung, dan dikantung celana karena ini bisa merusak ginjal, jantung, dan sistem reproduksi. Jangan meletakkan HP dan barang-barang elektronik lainnya (radio, televisi, laptop) dekat dengan kalian ketika tidur, karena radiasi dari barang-barang elektronik tersebut bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Radiasi yang ada mengganggu proses produksi hormon oleh tubuh kita pada saat kita tidur. Nah sekian dulu ya sobat pio, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat.
 

You Might Also Like

0 comments