Menurunkan Berat Badan Dengan Daun Kaktus

By 17:07

Hai sobat pio, apa kabar kalian hari ini ?semoga baik baik saja ya……….
Kalian pasti tau kan kalau tanaman kaktus ? Namun, banyak orang yang tidak tau kalau tanaman tersebut memiliki banyak manfaatnya. Contohnya adalah dapat menurutkan berat badan.
                       Kalian pasti pada kepo kan, kok bisa sih buat menurunkan berat badan ? Nah, karena Daun kaktus merupakan bagian dari tanaman kaktus ( Opuntia ficusindica ). Tanaman kaktus ini adalah tanaman yang termasuk keluarga Cactaceae. Semua anggota keluarga Cactaceae memiliki daun, bunga, dan akar. Kaktus dapat hidup dengan baik di daerah kering karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak air untuk hidup.

Beberapa manfaat dari daun kaktus :

1. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

                         Daun kaktus tinggi akan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dalam daun kaktus dapat menjaga kadar gula darah, mengenyangkan, mengurangi kelaparan dan juga mengontrol asupan kalori untuk tubuh.

2. MENCEGAH DIABETES

                           Jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes dan Anda khawatir juga menderita penyakit yang sama, memakan daun kaktus bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegahnya. Selain dapat mempertahankan kenormalan tingkat gula darah, daun kaktus secara signifikan juga dapat mencegah tubuh dari diabetes terutama diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa kaktus adalah pengganti obat gula darah yang lengkap untuk pasien diabetes.

3. MENCEGAH OBESITAS

                           Obesitas telah menjadi salah satu masalah kesehatan utama masyarakat yang di seluruh dunia. WHO melaporkan bahwa pada tahun 1998 kenaikan 90% penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan 30-40% penyakit jantung disebabkan oleh obesitas. Daun kaktus mengandung serat yang dapat menjaga keseimbangan berat badan dan mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari mutasi yang menyebabkan obesitas.

4. MENINGKATKAN PENCERNAAN

                             Kehadiran serat makanan larut dalam daun kaktus dapat meningkatkan gerakan usus dan meringankan makanan untuk melewati saluran pencernaan. Serat makanan yang tinggi pada daun kaktus juga membantu gerakan peristaltik dan membuat makanan lebih mudah dicerna.

5. MERINGANKAN SAKIT PERUT

                              Daun kaktus bisa menenangkan perut dan menenangkan perasaan yang tidak nyaman seperti muntah, mual dan lain-lain. Daun kaktus dianggap sebagai sayuran dingin dan dapat membantu meringankan masalah saluran pencernaan.

6. MENCEGAH SEMBELIT

                              Serat yang tinggi pada daun kaktus dapat membantu gerakan usus dan juga menyerap air dari usus besar sehingga membuat proses buang air besar akan lebih mudah. Jika Anda mengalami sembelit, mengkonsumsi daun kaktus secara signifikan dapat meringankan sembelit Anda.

7. MENJAGA SISTEM KARDIOVASKULAR

                              Daun kaktus mengandung serat polisakarida yang melimpah dan sterol yang sedikit yang dapat meningkatkan lemak baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan mengurangi LDL (Low Density Lipoprotein) atau dikenal sebagai tingkat lemak jahat dalam darah. Dengan mengurangi kolesterol dalam tubuh, daun kaktus telah membantu tubuh untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

8. MEMBERSIHKAN USUS BESAR

                              Kandungan serat dalam daun kaktus juga dapat membersihkan usus dari zat berbahaya beracun dan lainnya yang tersisa dalam usus besar. Dengan membersihkan usus besar, serat daun kaktus dapat meningkatkan kesehatan Anda yang akan berpengaruh juga pada tingkat kekebalan tubuh Anda.


            Sekian dulu ya… artikel pada hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua ya sobat Pio.



https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-daun-kaktus/

You Might Also Like

0 comments