Ada apa tanggal 21 April ???

By 18:16



Hai sobat pio, sebentar lagi tanggal 21 april 2017, tau gak hari apa ? ya… hari Kartini. Tahu enggak buku yang terkenal dari Kartini, ya…. Buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan buku tersebut.
Buku : Habis Gelap Terbitlah Terang
Pengarang : Armijn Pane
Penerbit : Balai Pustaka
Jumlah Halaman : 1 sampai 204
Nama Tokoh : R.A Kartini

          Buku ini menceritakan tentang perjuangan R.A Kartini untuk dapat bersekolah,dimasa sekolahnya R.A Kartini merasa bebas, namun ketika R.A Kartini berumur dua belas tahun kartini di pingit dan tidak diizinkan keluar. Sahabat kartini tiada hentinya berihtiar,supaya kartini diberi kemerdekaanya kembali.Ketika kartini berumur enam belas tahun pada tahun 1895, bolehlah kartini melihat dunia luar lagi. Kartini anak yang suka belajar ,dan dia tahu masih banyak pengetahuan yang dapat dipelajari. Pada waktu itu dicita-cita kanya hendak pergi ke betawi hendak sekolah dokter , namun setelah bertemu dengan Mr.Abendanon,hendak pula masuk sekolah guru di betawi supaya dapat menjadi guru di sekolah anak gadis yang akan didirikanya nanti.ada tahun 1902 kartini berkenalan dengan Tuan Van Kol dan ayahnya yang sangat setuju dengan cita-cita kartini yang hendak pegi ke Belanda untuk belajar.Pada pangkal tahun 1902,adik kartini yang bernama kardinah menikah ,hal itu sangat melemahkan hati kartini.Namun kartini terus bersabar dan kartini ebih bersemangat untuk menuntut ilmu untuk mewujudka cita-citanya.

             Dalam buku ini terdapat banyak kelebihan diantaranya,didalam buku ini berisi perjuangan seorang gadis yang berjuang untuk dapat bersekolah,sehingga dengan membaca buku ini kita dapat mempelajari dan meneladani sifat dari tokoh ini.Di dalam buku ini dilengkapi dengan gambar,sehingga pembaca tidak bosan untuk membacannya.Kelebihan yang tampak pada buku ini terdapat pada cerita yang menarik sehingga,sehingga pembaca tertarik untuk membacannya.Sampul buku ini sangat menarik dan gaya bahasa yang digunakan mudah difahami ,sehingga pembaca tidak kesulitan untuk memahami cerita dari buku ini.Di dalam buku ini terdapat kisah yang dapat dijadikan teladan dan semangat untuk meraih cita-cita setinggi mungkin.
            Setiap buku pasti memliki kelebihan dan kelemahannya.Begitu puia dngan buku ini yang memiliki kekurangan.Kekurangan buku ini terdapat pada cerita yang di ulang-ulang.Kelemahan lain yang terdapat pada buku ini terletak pada gambar yang disajikan kurang menarik karena gambar tidak berwarna,sehingga pembaca kurang tertarik untuk mengamati gambar yang disajikan di dalam buku ini.Namun,kekurangan dari buku ini dapat tertutupi dengan banyak kelebihan yang dimiliki buku ini,sehingga kekurangan buku ini tidak nampak jelas.Didalam buku ini disajikan berbagai macam perjuangan dari R.A Kartini,sehingga kita dapat menerapkan perjuangan dan kerja keras R.A Kartini pada kehidupan kita,sehingga kita dapat mengenang jasa-jasa R.A Kartini dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : https://www.goodreads.com/book/show/6056032-habis-gelap-terbitlah-terang

You Might Also Like

0 comments