Anak SMK, Berwirausaha?

By 04:01

Hai sobat, apa kabar kalian hari ini? Semoga sobat dalam keadaan baik dan selalu bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Aamiin.

Sobat, apakah Anda pernah mendapat tugas untuk mencoba berwirausaha? yang mungkin tidak terlalu besar karena kita masih pemula. Untuk siswa SMK seperti kita, hal ini sering kita jumpai. Mulai dari tugas meneliti usaha yang ada di lingkungan kita, wawancara seorang wirausaha, mencari ide berwirausaha yang unik, dan bisa juga mencoba berwirausaha. 

Bagi kalian yang menjumpai tugas untuk mencoba berwirausaha mungkin diantara kalian ada yang masih ragu dan kurang percaya diri. Biasanya ada rasa ketakutan, kalau dagangannya tidak laku bagaimana? Kalau saya rugi bagaimana? Saya malu jika saya harus berjualan. Untuk kalian yang mempunyai niat dan tekad besar untuk berwisausaha hilangkan pikiran-pikiran tersebut. Karena pikiran tersebut pastinya akan menghambat kesuksesan kita. Jika kalian tidak mencoba bagaiana kalian mengetahui hasilnya? Bagaimana kalian mengetahui untung ataupun rugi? Dan untuk apa malu jika dengan hal yang kita lakukan yang sebenarnya hal tersebut sangatlah baik. dan mungkin diantara kalian masih bingung membuka usaha apa. berikut adalah beberpa bidang usaha yang cocok untuk dicoba untuk anak SMK atau para pelajar:

1. Berjualan Pulsa Elektrik

Bidang usaha pertama yang bisa Anda coba adalah berjualan pulsa elektrik. Usaha yang satu ini bisa dimulai dengan modal yang kecil namun dengan penhasilan yang cukup untuk menambah uang jajan. Sebagai pelajar, pasti membutuhkan pulsa untuk berkomunikasia atau browsing di internet. tentunya menjual pulsa di sekolah menjadi salah satu bisni menguntungkan karenakita sudah memiliki konsumen tetap yaitu para teman atau bisa juga bapak/ibu guru.

2. Bisnis Rental

Bisnis rental atau bisnis penyewaan bisa menjadi alternatif bisnis sampingan menjanjikan untuk anda. Banyak sekali jenis barang yang bisa anda sewakan. Seperti kamera, komik, buku dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling menguntungkan adalah usaha rental kamera.

3. Jasa Servis Barang Elektronik

Apabila anda seorang pelajar yang menguasai bidang servis atau memperbaiki barang elektronik maka tidak ada salahnya membuka usaha jasa servis sepulang dari sekolah. Contoh barang yang bisa di servis adalah HP, Laptop, PC, Radio, Televisi dan lain sebagainya. Yang terpenting terimalah barang elektronik yang anda kuasai agar anda bisa memperbaikinya. Kalau bisnis ini cocok sekali untuk para pelajar dengan jurusan teknik.

4. Bisnis Melalui Android

Bisnis ini sangat saya sarankan bagi anda yang memiliki HP android. Selain mudah, bisnis lewat android juga gratis hanya saja kita perlu koneksi internet, koneksi internet bisa kita peroleh dari wifi sekolah, atau lainnya. Saran akau sih manfaatkan fasilitas sekolah. Bisnis lewata android ini misalkan saja kita bisa berjualan secara online.

5. Desain Banner, Logo, atau membuat vector

Saat ini usaha desain grafis seperti pembuatan banner dan logo sangat di butuhkan. Mungkin anda sulit menemukan pelanggan secara langsung, maka dari itu anda bisa menawarkan jasa desain secara online seperti melalui facebook misalnya. Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain atau anda yang sekolah jurusan desain seperti Multimedia.

Nah, sobat itu tadi beberapa ide usaha yang bisa dilakukan oleh anak SMK atau para pelajar, semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 comments