UN atau USBN ?

By 12:49 ,

Apasih itu USBN ? USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional. USBN akan digunakan apabila Ujian Nasional tidak digunakan lagi. Rumornya mulai tahun2017 Ujian Nasional tidak digunakan tetapi pada kenyataannya Ujian Nasional tetap digunakan. Menurut Bapak Wakil Presiden Ujian Nasional tetap digunakan dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan. Hanya saja Ujian Nasional tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tetap menggunakan Ujian Nasional. Ujian Nasional di SMK dibedakan menjadi dua yaitu Ujian Nasional Kejuruan yang terdiri dari Ujian Kompetensi Kejuruan dan Ujian Teori serta Ujian Nasional Non-Kejuruan yang terdiri dari mata pelajaran Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris dan Matematika. SMK juga menggunakan USBN yang terdiri dari mata pelajaran Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan KKPI.

Di SMKN 2 Kediri sudah mempersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional dan USBN mulai dari bulan November 2016. Cara pelaksanaan Ujian Nasional dan USBN menggunakan sistem CBT atau yang sering disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Dari 659 siswa SMKN 2 Kediri dibagi menjadi 2 gelombang. Yang membuat kisi-kisi dan soal untuk Ujian Nasional adalah pemerintah pusat, sedangkan USBN yang membuat kisi-kisi adalah pemerintah pusat dan soalnya yang membuat adalah pemerintah daerah. USBN dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Nasional. Jadi, SMKN 2 Kediri menggunakan Ujian Nasional dan USBN.  

You Might Also Like

0 comments