Tips Trik SNMPTN 2017

By 19:25

Tips Trik SNMPTN 2017 99% lolos

Ini dia beberapa tips dan trik supaya lolos SNMPTN 2017 :

a.       Nilai Rapot
SNMPTN tentunya menggunakan nilai rapot untuk seleksinya. Usahakan nilai kalian stabil cenderung naik tiap semesternya. Nilai rapot yang digunakan untuk seleksi itu dari semester 1 sampai 5 (kelas 10 sampai kelas 12 semester 1). Tapi nilai rapot yang tinggi bukan jaminan kalian akan lolos SNMPTN. Kenapa ? Jika ada yang bertanya “berapa nilai rapot yang dibutuhkan untuk bisa lolos SNMPTN ?” menurut sumber minimal rata – rata kalian di atas 85.

b.       Jumlah peminat dan daya tampung
Dan tampung dalam pemilihan prodi  di SNMPTN usahakan kalian melihat jumlah peminat dan daya tampung jurusan. Kalian bisa melihat jumlah peminat dan daya tampung dilaman SNMPTN. Pastikan kaian melihat jurusan dengan daya tampung yang cukup banyak dan jumlah peminat yang sedikit, ini akan memperbesar peluang kalian lolos.

c.       Pemilihan universitas
Tiap tahun pasti akan muncul beberapa universitas dengan  jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak. Usahakan kalian tidak memilih universitas – universitas tersebut di SNMPTN karena kan memperkecil kemungkinan untuk lolos. Jangan lupa tanyakan pada BK, PTN mana saja yang memiliki hubungan baik dengan SMA atau SMK kalian, hal ini memperbesar kemungkinan diterima SNMPTN.

d.       Alumni
Banyak yang bilang jumlah alumni di suatu universitas juga mempengaruhi peluang kita untuk lolos. Tentunya alumni yang berprestasi dan satu jurusan dengan yang kita pilih. Entah kebetulan atau memang “alumni” menjadi faktor penting dalam proses seleksi. Kalian bisa meminta data ke BK dan kalian juga bisa bertanya bagaimana prestasi kakak kelas tersebut. Jika IPK alumni sekolah kita tinggi maka itu memperbesar peluang kita masuk dalam PTN tersebut.

e.       Persaingan tingkat sekolah
Dalam satu sekolah mugkin akan ada lebih dari 200 orang yang mengikuti SNMPTN, pasti ada beberapa siswa yang memilih prodi dan universitas yang sama.  sekarang pertanyaannya, apa mungkin dalam satu sekolah akan ada siswa yang diterima denganpilihan yang sama ? Hal itu bisa terjadi namun kemungkinannya cukup kecil. Saran sumber, jika kalian memilih prodi usahakan di sekolah hanya kalian yang memilih. Jika ada yang sama dan nilainya lebih besar dari anda, lebih baik disarankan untuk mengganti pilihan prodi karena kalian akan kalah dalam persaingan tingkat sekolah.

f.        Hasil simulasi
Sebelum SNMPTN resmi dibuka banyak situs – situs atau lembaga bimbingan belajar yang melakukan uji coba atau simulasi SNMPTN. Saat mengikuti simulasi nantinya kita disuruh untuk memasukkan nilai rapot dan pilihan jurusan. Nantinya dari simulasi tersebut kita dapat mengetahui sampai mana kemampua kita dalam jurusan yang telah kita ambil.

g.       Prestasi
Saat pendaftaran SNMPTN kalian bisa memasukkan maksimal 3 piagam. Jiak kalan memiliki lebih dari 3 piagam, disarankan untuk memasukkan yang tingkatannya paling tinggi. Seperti tingka kota, nasional atau internasional. Saya tidak tahu seberapa berpengaruhnya prestasi di SNMPTN, tapi ini mungkin menjadi poin plus bagi kalian.

h.       Lomba di PTN pilihan
Beberapa PTN akan mempriritaskan para siswa SMA atau SMK yang pernah menikuti lomba di PTN tersebut, meskipun lomba di jurusan yang berbeda.

i.         Berdoa

Berdoa adalah hal yang terpenting. Berdoa kepada Tuhan karena Tuhan tau PTN mana yang terbaik untuk kita belajar dan dapat menjadi lebih baik di masa depan. 

You Might Also Like

0 comments