Makanan Berlemak Juga Ada Yang Baik Buat Tubuh, loh ?!

By 14:34

Hai sobat pio!Makanan yang setiap hari kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu para ahli kesehatan banyak menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang sebagian besar terdiri dari buah dan sayur-sayuran. Jarang sekali mereka menganjurkan kita untuk mengonsumsi makanan berlemak karena dipercaya dapat menambah berat badan yang tentu saja buruk bagi kesehatan.  “Makanan berlemak” 2 kata satu makna yang mampu membuat semua orang menjauhinya. Setiap orang menganggapnya makanan yang bisa membuat berat badan bertambah, mengandung kolesterol, dan banyak hal lainnya. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsinya setiap hari namun tetap dengan jumlah yang dibatasi sehingga tidak akan mengganggu kesehatan. Banyak orang yang merasa khawatir saat akan mengonsumsi makanan berlemak. Efek buruknya bagi kesehatan seringkali membuat zat gizi ini ditinggalkan, bahkan dijauhi. Padahal, setiap hari tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Tentu saja, Anda perlu memilih jenis lemak baik untuk dikonsumsi agar mendapatkan manfaatnya.
Banyak jenis dari lemak, ada lemak  jenuh dan lemak tak jenuh .Lemak tak jenuh ini dibagi menjadi dua, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Lemak yang sehat ini bekerja untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, meningkatkan antibodi tubuh dan membantu menurunkan kolesterol. Hal yang perlu Anda perhatikan sekarang adalah bagaimana mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat bagi tubuh. Beberapa sumber makanan berikut mengandung lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi.
1. Avokad
       Avokad menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sebuah studi dari Canadian Medical Association Journal, tahun 2011, mengungkapkan bahwa mengonsumsi avokad dapat memberikan lemak HDL sekaligus mengurangi kadar LDL pada tubuh. Lemak nabati dan tak jenuh bermanfaat untuk mencegah stroke, gangguan jantung, darah tinggi dan kanker. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh avokad sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal

2. Mentega
      Mentega banyak mengandung lemak susu yang tentu saja tidak baik untuk berat badan. Namun mentega mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mentega dapat meningkatkan mood karena kandungan selenium di dalamnya yang dapat membuat saraf tubuh menjadi rileks. Selain itu mentega juga dapat menghindarkan tubuh dari kerusakan tiroid karena kandungan vitamin A di dalamnya.
3. Dark Chocolate
       Dark chocolate atau cokelat pekat diketahui sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.
4.  Kentang
       Kentang telah lama dikenal sebagai pengganti karbohidrat dalam menu diet karena kadar gulanya yang lebih rendah daripada nasi atau roti. Selain itu kentang kaya akan kalium, fosfor, magnesium, dan seng yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

                Itulah beberapa makanan berlemak yang baik untuk tubuh. Masih ingin menjauhinya setelah tahu manfaat baiknya untuk tubuh?? Berfikirlah dua kali. 

You Might Also Like

0 comments