REALITA KERONCONG

By 13:02


Hai sobat, apa kabar kalian di bulan yg penuh semangat ini yaitu lahirnya sumpah pemuda yang  jatuh pada tanggal 28 Oktober . 

Kali ini kita akan membahas tentang perjuangan seniman Indonesia yang memodifikasi musik keroncong sesuai porsi dan selera orang Indonesia. Tahukah kalian apa itu musik keroncong?, karakteristik musik keroncong?, revolusi musik keroncong?, pandangan masyarakat mengenai musik keroncong?, dan apa upaya untuk membenahinya?

Jadi, musik keroncong itu asal mulanya merupakan musik yang dianggap sebagai pembangkit rasa cinta tanah air dan juga semangat kebangsaan. Tapi justru sekarang, masyarakat umum mengenal keroncong sebagai sebuah kesenian musik khas Indonesia yang memiliki irama yang dinamis, melodius dan teknik bernyanyi dengan cengkok  khusus, dibawakan oleh para pemain musik dan penyanyi yang selalu berpakaian sopan dan resmi serta tidak banyak gaya dan gerak sehingga terkesan kaku, dan juga banyak kalangan yang beranggapan keroncong adalah musik untuk orang tua, tetapi jauh saat kependudukan Jepang di Indonesia musik keroncong mengalami perubahan porsi dan menjadi beraliran liar dan juga menyimpang dari porsinya di Indonesia akibat banyak budaya lain yg masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu, seniman Indonesia pada saat itu sangat berjuang untuk menyulap kembali musik keroncong seperti pada mulanya dan juga menjadikan masyarakat nyaman dengan alunan musik keroncong dan dapat di terapkan di kehidupan sehari-hari.

Baiklah sobat cerita tersebut merupakan gambaran perjuangan para seniman Indonesia yg sangat ulet untuk mempertahankan dan melestarikan kesenian bangsa,semoga bermanfaat.


‘’INGAT BAHWA  BANGSA YANG BESAR YAITU BANGSA YANG MAMPU MENGHARGAI BUDAYANYA SENDIRI’’

You Might Also Like

0 comments