Jurusan Ideal Bagi Kamu Anak SMK yang Mau Kuliah!

By 19:32

Hai sobat, bagaimana kabar hari ini? Sehat bukan? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam menjalankan aktivitas.

Sobat, selama ini, SMK identik sebagai sekolah bagi orang yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, melainkan sekolah untuk cepat mencari kerja. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Justru, anak SMK yang sudah dibekali ketrampilan selama di sekolah, akan lebih mudah beradaptasi dengan sistem akademik perkuliahan. Karena skill selama di SMK akan melengkapi teori yang diberikan selama kuliah nanti. Makanya, kalian harus tepat memilih jurusan yang sangat cocok bagi diri kalian dan bagi kemampuan yang sudah dimiliki ketika SMK. Yuk, sama-sama lihat jurusan yang tepat bagi anak SMK.

Animasi
Jurusan SMK yang menjanjikan pertama adalah jurusan Animasi. Layaknya jurusan kuliah desain, di jurusan SMK Animasi ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi.
Multimedia
Jurusan SMK yang menjanjikan selanjutnya adalah jurusan Multimedia. Di jurusan Multimedia pada pendidikan SMK kamu akan diajari seputar pengembanagn web, pengembangan multimedia, pengembangan permainan, hingga tentang produksi sinema dan industri media.
Broadcasting
Hampir sama dengan Multimedia, jurusan SMK Broadcasting juga menjadi salah satu jurusan SMK yang menjanjikan. Semua yang dibutuhkan media penyiaran atau televisi tersebut adalah tenaga broadcaster yang professional.
Farmasi
Beralih ke dunia kesehatan, jurusan SMK Farmasi jadi salah satu jurusan yang perlahan tapi pasti merangkak naik menjadi jurusan SMK yang menjanjikan masa depan. Di jurusan ini para murid akan diajari tentang bahan-bahan kimia hingga peracikan obat.
Analisis Kimia
Kalau SMA punya jurusan IPA yang mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia, SMK memiliki jurusan yang langsung tertuju pada analisis kimia. Di jurusan ini siswa akan belajar mengenal zat-zat kimia dan bahayanya serta menganalisisnya.
Jurusan Tata Boga
Jurusan SMK Tata Boga tetap menjanjikan masa depan cerah. Pasalnya jurusan ini memiliki prospek yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan SMK Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan kemampuan memasaknya.
Tata Busana
Di jurusan Tata Busana, siswa akan dibekali mulai dari cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga finishing menjadi pakaian jadi. Malah bagi kamu yang tertarik di untuk menjadi desainer dan mengambil kuliah fashion design, jurusan SMK Tata Busana ini bisa menjadi landasan kamu sebelum melangkah ke tahap yang lebih tinggi.
Teknik Otomotif
Di Jurusan Teknik Otomotif, siswa akan dikenali dengan mesin-mesin otomotif hingga cara merakit transportasi seperti mobil dan motor. Maka jangan heran kalau anak Teknik Otomotif jadi jago ngerakit maupun modifikasi kendaraan. Tapi ngga cuma sampai disitu, mereka juga bisa lho berprestasi dengan membuat sendiri karya mereka atau bekerja di perusahaan otomotif.
Teknik Elektronika
Jika Jurusan SMK Teknik Otomotif lebih banyak belajar tentang mesin kendaraan dan merakitnya, Jurusan Teknik Elektronika justru mempelajari hal-hal yang berbau fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik.
Akuntansi
Jurusan Akuntansi akan memberi kamu skill menghitung neraca sampai tata buku keuangan. Jurusan ini cocok banget bagi kamu yang senang kerja kantoran dan menghitung keuangan.
Jurusan Pemasaran
Jurusan SMK yang menjanjikan terakhir adalah Jurusan Pemasaran. Yap pemasaran yang dalam bahasa inggris disebut marketing adalah jurusan yang mempelajari basic menjadi seorang marketing. Di Jurusan Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausaha, dan membaca peluang di dunia bisnis.

Bagaimana sobat? Pasti sangat membantukan? Maka dari itu, bagi kalian yang mau melanjutkan kuliah silahkan dipikir matang – matang ya. Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments