JUM'AT istimewa

By 21:46

ada apa dihari jum'at ??
Bisa dikatakan hari jum'at adalah hari yang penuh berkah (istimewa) diantara deretan 7 hari yang lain. jum'at memang istimewa namun tidak selayaknya kita berlebihan untuk menanggapinya. Dalam arti, hari jum'at lebih baik kita utamakan untuk beribadah, misalnya :berdoa ,membaca surat-surat pendek ,berdzikir, dan lain-lain.
hari jum'at penuh berkah, kita akan menguraikan keutamaan hari jum'at yang membuat istimewa, semoga dengan memahami keutamaannya, dapat menumbuhkan semangat kita dalam beribadah.
Berikut keutamaan hari jum'at  
  • Hari yang paling mulia
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:
    “Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.”
    (HR. Muslim)  
  • Hari yang menghapuskan dosa-dosa Dari Salman beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda:
    لا يغتسل رجل يوم الجمعة ويتطهر ما استطاع من طهر ويدهن من دهنه أو يمس من طيب بيته ثم يخرج فلا يفرق بين اثنين ثم يصلي ما كتب له ثم ينصت إذا تكلم الإمام إلا غفر له ما بينه وبين الجمعة الأخرى 
    Artinya :
    Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya. (HR Bukhari)
  • waktu yang mustajab untuk berdoa
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”
    Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)
  • Hari Jum'at, Dipadamkannya Api Neraka
    Jahannam itu dinyalakan, yaitu dikobarkan apinya setiap hari dalam sepekan kecuali pada hari Jum’at.Yang mana hal ini sebagai (salah satu bentuk) pemuliaan terhadap hari yang agung ini. (Lihat Zaadul Ma’ad I/387).
  • Meninggal pada hari Jum’at atau malamnya merupakan tanda-tanda khusnul khotimah.
    Dimana orang yang wafat pada hari ini akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua Malaikat. Dari Ibnu ’Amr radhiyallahu ’anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,
    ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله تعالى فتنة القبر
    Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Alloh Ta’ala lindungi dari fitnah kubur.” (R Ahmad dan Turmudi, dishahihkan oleh al-Albani).

    Amalan-amalan hari jum'at :
    1. Memperbanyak sholawat
    2. Membaca surat al kahfi
    3. Amalan-amalan sholat jum'at 
    4. Berdzikir
    5. Bersedekah

    Semoga menumbuhkan semangat untuk melaksanakan ibadah dan memberikan sedikit manfaat, kesempurnaan hanya milik Allah swt dan apabila ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf .

You Might Also Like

0 comments