TRADISI MAINSTREAM YANG MULAI TERLUPAKAN

By 16:35

TRADISI MAINSTREAM YANG MULAI TERLUPAKAN

Hai sob,Kalian mungkin pernah menonton film denias,senandung di atas awan karya sutradara john de rantau? kalau iya ,kalian pasti gak asing lagi dengan tradisi yang satu ini.yaitu tradisi potong jari yang bekembang dan di lestarikan di suku dani ,PAPUA .

                Jadi sob,menurut masyarakat suku dani.tradisi potonng jari ini dapat diartikan sebagai tanda berduka karena salah satu anggota keluarganya meninggal, simbol kerukunan ,kebersatuan dan kekuatan dalam diri manusia ,maupun sebuah keluarga yang berada si suku mereka.dan itu juga merupakan  nilai filosoi dari tradisi mereka. O iya sob .tradisi ini dengan seiringnya waktu mulai ditinggalkan mungkin tradisi ini terlalu mainstream dan mungkin ada yang beranggapan tradisi tersebut menyakiti  diri sendiri, tapi tenang aja sob kalau kalian ingin melihhat langsung tradisi ini ,kalian masih bisa menjumpai di pemangku adat suku dani.


                Kesimpulannya sob,jadi  jaga dan lestarikanlah selalu tradisi dan budayamu! ,jangan sampai di biarkan ditinggal kan atau terbengkalai begitu saja.bisa jadi budaya dan tradisi yang kita miliki itu terdapat potensi yang bisa di kembangkan lagi dan menguntungkan bangsa kita !

You Might Also Like

0 comments