By 16:09

TIPS BELAJAR CEPAT

Hai sahabat Smekda. Mungkin kita sering mengeluh dengan yang namanya ulangan, lebih-lebih ketika UAS(Ulangan Akhir Semester). Kita sering belajar dengan sistem kebut malam, padahal itu cara yang salah, cara seperti itu malah menambah beban pikiran kita untuk melaksanakan UAS. Seharusnya otak kita harus fresh, cara belajarnyapun juga harus fresh, jangan sampai membuat otak kita penuh dengan tulisan pelajaran sehari sebelum jadwal UAS. Nah, mari kita simak belajar yang benar.


Cara belajar cepat yang efektif yaitu:
1. Refresh your mind
otak yang fresh adalah yang paling utama ibarat sholat tidak akan diterima tanpa wudhu. Sama halnya dengan ilmu yang tidak akan masuk tanpa otak yang fresh, karena biasanya jika otak kita jenuh pelajaran akan terasa sulit untuk dicerna
2. Step by step
hindari sistem kebut semalam. Menurutnya (seorang mahasiswi, red), belajar mendadak bukanlah cara yang efektif ibarat botol air yang akan tumpah jika diisi dengan air sekaligus. Beda halnya jika diisi sedikit demi sedikt maka airnya akan memasuki botol dengan mudahnya.
3. Understanding the lessons
belajar itu memahami bukan sekedar menghafal dan menjawab soal-soal latihan. Yups, itu benar karena fungsi pertama belajar adalah untuk memahami hal-hal baru.
4. Making note and conclusion
membaca ulang kembali pelajaran dengan membuat catatan dan kesimpulan dari apa yang telah kita pelajari. Logikanya, dengan merangkum pelajaran berarti kita telah memahami materi, dan jika kita telah memahami materi berarti kita telah mendapat poin dari setiap materi.
5. Choosing ideal time for study
pilihlah waktu yang tepat yang dapat mempermudah kita dalam memahami materi.
6. Understanding what the teacher wants
cari tau apa yang diinginkan oleh guru karena ada guru yang meminta jawaban se-mafhum-nya kita dan ada pula yang meminta lafzhon bi lafzhin.
7. Consistence
usahakan untuk selalu menyediakan waktu belajar dengan cara membuat time table. Sebisa mungkin jadwal yang telah kita buat dilakukan dengan istiqomah. Walau sulit tapi inilah tugas kita sebagai siswa yaitu mempelajari hal-hal yang baru.

Yaps, seperti itu, mari kita laksanakan. Semoga bermanfaat YA KAWAN

You Might Also Like

0 comments