Seblak Time

By 12:20


Seblak adalah makanan Indonesia yang berasal dari Bandung, Jawa Tengah yang bercitarasa gurih dan pedas, terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein. Seblak disajikan di rumah makan dan warung serta dijajakan digerobak pedagang keliling. Seblak memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan serta memiliki beberapa variasi.

Bahan dasar pembuatan seblak adalah kerupuk udang yang disiram air panas dan diberi bumbu serta sayuran. Bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit,  kunyit, dan penyedap rasa.

Ada beberapa sumber yang menyebutkan seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari  Sumpiuh yaitu kerupuk godog yang terkenal sejak tahun 1940an, sedangkan seblak baru terkenal pada tahun 2000an. Di daerah Cianjur bagian selatan seblak juga sudah ada. Sebelum kemerdekaan, makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajan.

Ada beberapa jenis seblak, yaitu:
1. Seblak Kering: merupakan kerupuk pedas mirip dengan basreng
2. Seblak Basah: seperti seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak baso, seblak basreng (baso goreng), seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiaw, seblak siomay, seblak snack, dan masih banyak lagi.

You Might Also Like

0 comments