HARI KEMERDEKAAN

By 20:58 , ,

Apa kabar sahabat semuanya? Pastinya sehat bukan? Kali ini kita akan membahas mengenai Hari Kemerdekaan RI.

Hari Kemerdekaan. Tentunya kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Tetapi apakah kalian sudah tahu sejarah  singkat dari peristiwa ini? Daripada terus penasaran, mari kita bahas sejarah singkat Hari Kemerdekaan.

Republik Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia merdeka dengan dibacanya proklamasi oleh Ir.Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampinhnya, yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat.

Sebelum hari kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 06 Agustus 1945 sebuah bom atom meledak di kota Hirosima, Jepang yang pada saat itu sedang menjajah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan berbentuklah BPUPKI(Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang didirikan oleh pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945 yang beranggotakan 63 orang. Kemudian berganti pada tanggal 07 Agustus 1945 menjadi PPKI(Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Inkai, dan pada tanggal 09 Agustus Bom atom kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat negara Jepang menyerah kepada Amerika Serikat.

Dengan adanya kejadian tersebut dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Dan pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengambil keputisan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI(Negara Kesatuan Republik Indonesia) serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Waki Presiden.


Sekian yaa sahabat, semoga informasi diatas bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments