Tips mengatasi bau mulut saat berpuasa

By 10:57 , ,

    Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong menunaikan kewajiban berpuasa bahkan sampai tadarus setiap harinya sebagai bukti ketaatannya terhadap perintah Allah. Ngomong soal puasa, puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum loh sobat tetapi menahan diri dari hawa dan nafsu juga. Jadi buat kalian yang lagi puasa, hindari sesuatu yang negatif dari diri kalian maupun dari lingkungan sekitar kalian.
    Kali ini kita mau ngebahas tentang bau mulut ketika puasa. Kalian anak muda yang lagi puasa pasti malu lah ya kalau mulut kalian bau saat berpuasa. Nah, berikut ini kita punya tips untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa :
  1. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari.
  2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari zat makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  3. Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.
  4. Kurangi merokok atau tidak sama sekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  5. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  6. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat.
  7. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
Gambar : http://4.bp.blogspot.com

You Might Also Like

0 comments