Pagelaran Ketoprak Pelajar 2015

By 20:07 ,




Hai sobat pio, di zaman modern sekarang ini seni tradisional kebanyakan sudah dilupakan oleh para remaja. Remaja sekarang rata-rata sudah terpengaruh oleh budaya luar yang sangat jauh berbeda dengan budaya kita, mereka lebih asyik dengan budaya luar daripada budaya negara kita sendiri. Mereka kurang peduli terhadap budaya tradisional negara Indonesia. Tetapi siswa dan guru SMKN 2 Kediri sangat peduli terhadap seni tradisional Indonesia.
Bukti kepedulian siswa dan guru SMKN 2 Kediri pada seni tradisisonal Indonesia yaitu telah diadakannya Pagelaran Ketoprak Pelajar pada hari Senin, 15 Juni 2015 yang bertempat di gedung serbaguna SMKN 2 Kediri Jl. Veteran 5 Kota Kediri. Pagelaran ini diisi dengan kolaborasi antar ekstrakurikuler di SMKN 2 Kediri, yakni ekstra teater, karawitan, dan tari. Selain itu pagelaran ini juga dimeriahkan oleh seniman legendaris yaitu H. Mohamad Syakirun atau Kirun. Kirun sukses menghibur semua penonton yang melihat acara ini.
Ketoprak pelajar SMKN 2 Kediri berjudul “Kidung Asmara Panji Galuh”. Ketoprak ini menceritakan tentang kisah cinta antara Galuh Candra Kirana dan Panji yang penuh dengan suka duka. Acara ini diadakan dengan tujuan memperingati hari pendidikan nasional dan menyongsong Ulang Tahun emas SMKN 2 Kediri Ke-50 tahun. Selain itu acara ini bertujunan untuk melestarikan seni tradisional Indonesia dan memperkenalkan seni ketoprak pada masyarakat luar.
Nah sobat pio, mari kita lestarikan seni tradisional negara kita agar tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Jangan sampai seni tradisional ini terkikis oleh perkembangan zaman.

You Might Also Like

0 comments