Ketika Hobi Jadi Kerjaan Yang Menguntungkan

By 16:39 , ,



Hai, Perkenalkan saya seorang siswa laki-laki dari kelas jurusan Multimedia, soal nama sebut saja Ariel :v , Ini artikel pertama saya dan mungkin juga jadi artikel terakhir, disini saya akan sedikit curhat, Bolehkan curhat? hehe tepatnya kali ini curhat mengenai hoby saya sendiri selama ini, membahas tentang Hoby, siapasih orang yang gak punya hobi? pastilah semua orang punya hoby, entah itu lari-lari, basket, Voli, belanja, nggosip, bahkan ngupil'pun juga masuk dalam kriteria Hoby, wkwk, Nahh siapa sangka juga hoby yang kita sukai bisa menghasilkan uang yang lumayan? menguntungkan bukan? kok bisa ya? ya bisalah, Jelas-jelas kita bisa nglakuin kerjaan yang ga bakal bikin kita pusing, karena udah jadi hoby kita (hal yang kita sukai), Yang terpenting dari itu semua, Hoby ini juga Menghasilkan keuntungan yang lumayan untuk mengisi kantong seorang pelajar Kesepian seperti saya, wkwk..

Udah boleh Mulai Ceritakan? bolehkan?? Bolehlahh -_-

Hoby ini berawal ketika saya masih menginjak kelas 1 smp, dimana saya masih kecil, imut (pake banget) + ingusan wkwk, eitts sebelumnya jangan liat jeleknya dulu gan & Sis, diem-diem saya juga punya segudang bakat loo :P, apa bakatnya? Bikin orang Stress :v . saya masih inget banget waktu itu saya termasuk orang pendiem di kelas (awalnya :P) , iya pendiem banget waktu pertama kali masuk kelas, apalagi masuk juga terlambat 2 hari :3 , bayangkan saja udah masuk ga tepat hari H MOS nya, masuk masuk langsung suruh perkenalan (yang dimana saya orangnya ga pede banget kalau di suruh bicara di depan umum apalagi orang yang ga di kenal :3), gak berhenti di situ penderitaan saya waktu pertama kali masuk ke kelas sewaktu SMP, Hampir setiap detik, menit, bahkan jam saya terus terusan kena marah dari OSIS crewet yang mungkin aja lagi kejangkit penyakit Siput Gila :3 .

Saya juga heran, dalem hati saya bilang, Ini sebenernya SMP apa sekolah militer, Banyak Tugas, Salah Dikit di Bully seluruh OSIS, palagi sampek akting nangis segala, astaga -_- , tpi yang paling membekas di hati saya yang paling dalam sampai saat ini ketika saya lupa membawa tugas yang di berikan oleh salah satu OSIS, coba tebak bagaimana respon sang OSIS?  ga usah nebak bakalan juga tau -_- , seketika saya langsung di bentak oleh salah satu OSIS perempuan berpostur tinggi, hitam, kurus, suaranya cempreng minta ampun (bayangin sendiri wajahnya kayak apa), seketika juga dia langsung kluar lapor temen-temenya yang notabene juga sedang ngajar di kelas lain (anjirr lebay amat -_-) , bayangin aja hampir semua OSIS berkumpul cuma gara-gara saya ga bawa tugas, dan katanya lagi saya menghina si osis tersebut.

yaa tau sendirilah kelanjutan ceritanya gimana -_-, ngeness deh pokoknya, sebenernya kelanjutanya merupakan bagian terseru, entahlah gakuat nyritainya :v , Intinya di awal awal saya masuk smp yang ada cuma penderitaan :3, nah sekarang kita langsung loncat di saat saya sudah masuk ke Fase Ahir kelas 1 SMP, di masa ini saya cukup bahagia dengan banyak teman, fans fans fanatik (ciee ngarang :v)
 dan tentunya juga sudah agak nemuin jalan hoby saya, walaupun cuma 15% menurut saya waktu itu.

Ceritanya gini, dulukan lagi gempar-gemparnya yang namanya Facebook (waktu saya kelas 1 smp, sekarang saya kelas 1 smk, itung sendiri ya tahun berapa waktu itu -_-) banyak temen yg juga pada buat fb, aku ngikut aja juga buat, diem-diem dalam hati mikir (facebook iku panganan opo seh rek? -_-), okelah sampe sini anggep aja disini saya udah punya 1 buah akun facebook, cerita besar berawal dari sini.

Di facebook sendiri banyak tersedia forum-forum / komunitas yang di dalemnya pasti juga berisi orang-orang yang berkaitan dengan tema komunitas tersebut (contoh: desginer), saya sebenernya punya sebuah akun facebook awalnya juga di bantu seorang Teman beda angkatan yang dimana dia lebih tua 3 tahun + tau banget soal internet, di dalem fb saya tentunya sudah berteman dengan teman tua tersebut, masih ingat ketika di warnet bersamanya saya sekilas melihat dia sedang asik bersosialisasi dengan anggota Grub Komunitas tersebut. pasti pada tanya "Komunitas apa bang?" oke deh saya kasih bocoran dikit, komunitas tersebut adalah komunitas tentang Design yang dimana  menggunakan aplikasi Editor photo terkenal, Oiya hampir lupa, sampe sini saya udah pertengahan Kelas 2 smp :D (hehe maap kalau main loncat ceritanya),

Okee, kita lanjutt...

Sayapun bertanya "Bro itu apaan?" dia jawab "Oh ini grub design" (jawaban saya singkat) , saya bertanya lagi "Kamu bisa Design bro?" dia jawab "Wahh jo ngenyek wee" (Translate B. Jawa) , nah dari situ saya mulai tertarik seputar dunia design walau masih amatiran (Pake banget) , disini saya jadi pensaran dengan Grup Design di fb tersebut, ahirnyapun saya memutuskan untuk bergabung dengan grub, entah kenapa saya pertama kali mendengar kata "Design" di telinga,saya langsung tertarik, entah kenapa serasa seperti ada kecocokan hoby, asal kalian tahu saya sejak TK seneng banget sama yang namanya Nggambar, nah di masa smp inilah saya mengembangkan lagi kemampuan saya ke bentuk Digital.

setelah sekian lama saya berada dalam grup tersebut,saya belajar banyak hal tentang dunia Design, saking semangatnya rela Download puluhan tutorial design dari youtube yang ngabisin Kuota Modem (Waktu itu udah punya Laptop :3) , hampir kelewatan, di dalam grub tersebut saya sering tanya pertanyaan seputar design dan banyak juga respon / komentar-komentar yang membangun agar saya bisa lebih berkembang. Ahirnya saya memberanikan diri untuk membuat sebuah karya kemudian saya upload di grub tersebut untuk minta koreksi kepada para anggota yang tentunya sudah lebih pengalaman dari saya, selang beberapa menit saya lihat ada beberapa orang yang merespon kiriman saya tersebut, ada yang bilang gini "Semangat gan, terus belajar, lebih teliti" yang ini sih baik banget yang ngomen daripada yang satu ini, kalau gak salah komenya seperti ini "Bro, itu apaan? ga pantes banget di pajang, benahi dulu bro" yakin deh komen kedua tersebut malah yang bikin semangat saya melecut gara-gara agak sedikit emosi (hehe).

ahirnya saya nyoba buat lagi karya dengan waktu pembuatan yang agak lama tentunya agar hasil juga gak ngecewain, ahirnya saya upload lagi karya saya tersebut, entah kenapa masih ada juga yang komen pedess banget, ahirnya saya juga sadar diri untuk tidak langsung mengunggah karya yang saya buat, bahkan disini saya absen upload selama 1 bulan, dimana kurun waktu 1 bulan tersebut saya gunakan fokus latihan dalam hal design dan tetap mengingat saran-saran anggota grup untuk karya-karya saya.

Sampai disini saya sudah kelas 3 SMP, setelah sekian bulan (Hampir seahun) saya tekun menggeluti dunia design ahirnya saya sedikit menguasai (sekitar 70%) , sampai ahirnya setelah puasa upload selama berbulan-bulan saya memberanikan diri untuk meng-upload karya saya tersebut, tak di sangka jumlah like lebih banyak dari karya-karya saya sebelumnya (Jumlah like saya anggap sebagai patokan berkualitas atau tidaknya sebuah karya di grup tersebut) dan alhamdulillah saya lihat sudah tidak ada lagi komentar pedass di kiriman saya, yang saya lihat waktu itu berupa saran-saran untuk karya saya, saran-saran itupun selalu saya jadikan motivasi untuk karya-karya selanjutnya yang akan saya buat.

Sekarang kita masuk ke Masa Ahir SMP, masa ini menurut saya adalah masa-masa paling indah, dimana temen-temen udah pada keliatan gede, beda banget waktu pertama liat mukanya waktu kelas 1 (kok bisa tahu banget perbedaanya? taulah, wong masih ngoleksi foto selvie bareng waktu kelas 1 :v hehe) , gak hanya temen yg udah pada gede, saya ngrasa pertemanan juga semakin besar & erat rasanya, sayangnya takdir yang memisahkan kami semua, di ahir masa smp semua sibuk sendiri mencari sekolah baru (sudah masuk masa habis perpisahan) , Dan Ahirnya Kami semua lepasssss, kami semua di paksa mencari tujuan baru dalam hidup, yaitu mencari sekolah baru.

Kami semuapun berpisah, ada yang sekolah di SMA ada juga yang sekolah di SMK (termasuk saya) ada juga yang gak sekolah :3 (jangan tanya alasanya apa :3), saya sendiri berhasil masuk kesalah satu smk negri ternama di kota kediri, yaitu SMKN2 yang terletak di Jl. Veteran, pasti semua sudah pada tau sekolah satu ini termasuk sekolah berprestasi di kota kediri, banyak pernghargaan yang pernah di raih sekolah ini, meliputi di bidang olahraga, Tari, jurnalistik, dll.

Setelah hampir setengah tahun saya di smk, kemampuan saya sudah agak berkembang dibanding sewaktu masih smp, disini saya terus menerus mengasah kemampuan diri di bidang design, di balik itu semua pihak sekolah juga sangat memfasilitasi karena jurusan MULTIMEDIA yang saya ambil juga masuk dalam bidang kemampuan saya, nah karena jurusan yang saya ambil multimedia, masalah pelajaran juga ada tambahan untuk yang mengambil jurusan ini, mata pelajaran tersebut adalah Design Grafis.

Banyak orang menyebut saya orang aneh, apa alasanya? emang saya termasuk orang yang aneh, bagaimana tidak, banyak waktu saya habiskan cuma di depan laptop acer (yang saya anggap adik sendiri :v) , di rumah sendiri saya tidak banyak keluar sama temen, sebenarnya sudah di ajak tapi tetep aja sayanya gamau, yang slalu saya bilang ke temen "Kapan-kapan aja broo gw ikut" yang faktanya sampe sekarang ga pernah ikut, wkwk.. bukanya ga peduli ma temen, tpi masih ada hal lain yang lebih penting daripada cuma kluar naik motor kemlinti ita itu muter sana-sini , eh ternyata motornya aja yang beliin orang tua.

Sampe orang tuapun juga pernah bilang kalau hidup saya sudah tidak lagi di dunia, melainkan di Dunia Maya, hehe saya juga gak kaget emang kenyataanya gitu, sya cenderung lebih aktif berbicara menyampaikan tanggapan sosial di dunia maya ketimbang secara lisan menyampaikanya di dunia nyata, entah kenapa saya sndiri jadi mikir Dunia mayalah duniaku, di dumay seperti facebook, Blogger saya sekarang lebih cenderung fokus urusan Design juga, walaupun dulu juga pernah membahas seputar software, trik & tips, di blog saya sering memberikan tutorial-tutorial design ke pembaca blog, di mana sebelumnya sudah saya pelajari lalu pelajaran tersebut saya bagikan kembali dalam bentuk video tutorial.

Puncaknya

Hasil dari sekian lama proses belajar saya sejak smp, saya banyak membuat karya-karya lalu saya upload ke internet, syukurnya juga banyak yang melihat karya saya tersebut, kemudian yang bikin saya kaget ada seseorang yang mengirim pesan yang dimana pesanya berisi soal pujian bahkan si pengirim pesan bilang juga ingin di buatkan karya seperti yang saya buat, Nah yang bikin saya semangat dia juga mau bayar denga harga yang lumayan.. dari situ saya jadi tau sisi uang dari dunia yang saya geluti sejak dulu, ahirnya muncullah fikiran untuk menyediakan jasa pembuatan karya yang sebelumnya sering saya buat, tak butuh waktu lama setelah jasa tersebut saya promosikan sudah banyak order saya terima.

Dari sini saya baru sadar, ternyata hobi juga bisa membawa uang, terhitung setelah 2 bulanan saya menyediakan jasa pembuatan yang saya buat alhamdulillah hasilnya saya sudah bisa beli sendiri pulsa hp, modem dan peralatan perlengkapan lain yang saya btuhkan. penghasilan yang saya peroleh juga tidak terlalu besar kok, tapi bagi saya sudah cukup untuk mengisi kantong seorang pelajar aneh seperti saya, hehe..

Bisa saya simpulkan dari semua kisah saya di atas, "Lanjutkan & Geluti apa yang kamu sukai selagi itu  tidak menyusahkan orang lain, buatlah hal positif di dalamnya, kamu telah sungguh-sunggguh niscaya uang akan mengikutimu"

You Might Also Like

0 comments