Tips Mengisi Waktu Kosong

By 16:28

Tips Mengisi Waktu Kosong
Biasanya, karena tidak ada aktivitas tertentu, banyak orang menganggur dan bengong. Berbagai penyebab pun terkemuka. Mulai dari tidak tahu harus melakukan apa, hingga berdalih bahwa bengong itulah aktivitas mereka. Sebetulnya, daripada bengong, banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan. Berikut tips mengisi kekosongan agar waktu kita tidak berlalu dengan sia-sia.
1. Membaca.
Ada banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan membaca. Untuk itu, bawalah bahan bacaan setiap berpergian. Karena suatu ketika pasti ada waktu senggang yang tercipta, entah ketika dalam kendaraan, menunggu seseorang, dan lain sebagainya. Saat itulah membaca menjadi solusi cerdas dalam memecah kebisuan. Banyak hal yang dapat kita baca, seperti al-Qur’an, buku pelajaran, buku cerita, dan lain lain.
2. Menulis
Tidak ada orang yang berhenti berpikir selain orang gila dan orang mati. Maka dari itu, tuliskan saja apa yang kita pikirkan dan rasakan. Tuangkan semua itu menjadi untaian kata-kata dan bahasa pada secarik kertas. Karena boleh jadi, tulisan itu akan menjadi dokumentasi berharga untuk kita, maupun orang lain.
3. Tidur
Jika sudah tidak ada opsi kegiatan lagi, sementara waktu yang tersisa ada banyak, tidak ada salahnya kita mencoba untuk tidur. Bagaimanapun tidur merupakan istirahat yang efektif, selama tidak dilakukan secara berlebihan. Yah, daripada bengong.
4. Deep thinking
Bagi seorang creator, konseptor, atau imajinator, waktu senggang adalah harta berharga untuk berpikir secara mendalam. Biasanya, waktu senggang memberikan seseorang keluasan waktu dan kebebasan untuk berpikir, sehingga seseorang mudah untuk mencari inspirasi kala itu. Kita pun dapat memanfaatkan waktu senggang kita, seperti mengonsep suatu acara, me-reschedule agenda-agenda, atau bahkan memikirkan arah hidup kita di masa depan. Deep thinking itu penting, berbeda dengan bengong yang hanya melewatkan waktu tanpa mendapatkan hasil apapun.
5. Olahraga
Waktu luang yang digunakan untuk bengong biasanya membuat seseorang menjadi malas. Lambat laun, tubuhnya pun jadi lemas lantaran jantung terbiasa berdetak lambat. Kalau sudah begitu, pastilah banyak penyakit yang muncul. So, daripada bengong, kenapa tidak kita isi waktu luang dengan berolahraga? Selain terhindar dari kegiatan negatif, tubuh kita pun menjadi sehat dan kuat.
6. Makan
Makan merupakan alternatif yang menyenangkan untuk mengisi waktu kosong, selama tidak dilakukan secara berlebihan. Ketika ada waktu kosong, tidak ada salahnya kita gunakan untuk makan. Karena boleh jadi saat kita sibuk kesempatan untuk makan jadi sulit, sehingga akan berdampak sistemik pada kesehatan kita.
7. Browsing
Jangan pikir nge-net itu hanya menghasilkan dampak negatif. Banyak juga kok positifnya. Seperti mencari artikel yang bermanfaat, berdakwah, silaturahmi dengan orang banyak, dan lain sebagainya. Yah, daripada bengong. Yang penting, jangan dilakukan secara berlebihan, sehingga kita lupa dengan dunia nyata lantaran terjebak pada asyiknya dunia maya.
8. Mengobrol
Salah satu penyebab seseorang bengong adalah karena dirinya terputus dari interaksi. Meski ada orang yang terdiam di antara keramaian, tapi kebanyakan orang yang bengong adalah yang sedang sendirian. Nuansa sepi memang menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang terbengong. Maka dari itu, pastikan diri kita tidak sendiri, hadirkan arus komunikasi yang lancar dengan orang lain. Jangan biarkan kebisuan menyeruak di antara relung-relung waktu di sekitar kita. Lagipula, semakin sering kita berkomunikasi, semakin banyak pula ‘hal baru’ yang akan kita dapatkan. Mengobrol itu baik, selama tidak menggunjing keburukkan orang lain.
9. Mengasah skill
Setiap orang punya kemampuan luar biasa yang sebetulnya dapat dikembangkan. Hanya saja terkadang ada benturan yang sering diungkapkan banyak orang, yakni tidak adanya waktu untuk melatihnya. Maka, ketika ada waktu senggang, kenapa tidak kita coba untuk mengasahnya? Dengan begitu, tak ada lagi waktu senggang lantaran semua telah terisi dengan berbagai latihan, seperti latihan memasak, menjalankan program komuter, bermain drum, dan lain sebagainya.
10. Ikut Agenda
Saat tidak ada lagi agenda yang harus kita lakukan di waktu luang, mengapa tidak kita coba untuk mengikuti agenda-agenda yang sudah ada di sekitar kita. Ada banyak tawaran, seperti mengikuti seminar, training,workshop, dan lain sebagainya. Selama kita mampu, tidak ada salahnya untuk kita coba agenda-agenda itu. Yah, daripada bengong. Lagipula, dari agenda-agenda itu, tentu banyak manfaat yang akan kita dapatkan, bukan?

sumber : https://deddysussantho.wordpress.com/2011/05/25/cara-asyik-mengisi-waktu-kosong-daripada-bengong/





You Might Also Like

0 comments