WPAP "From Indonesia To Indonesia"

By 11:51


Wedha’s Pop Art Potrait, yang sering disebut wpap ini mungkin masih asing ditelinga kita. Wpap adalah ilustrasi gambar wajah yang dibuat oleh seorang ilustrator di majalah remaja “Hai”, beliau adalah Wedha Abdul Rasyid. Profesi sebagai illustrator sudah dikerjakan Wedha yang malang melintang di media cetak sejak tahun 1970-an. Mulai 1977, ketika bergabung dengan majalah “Hai”.

Pada tahun 1990, Wedha kemudian memulai style baru untuk illustrasi gambar wajah. Hal ini menurutnya dikarenakan penurunan daya penglihatan karena usia yang telah mencapai 40 tahun sehingga ia sulit menggambar wajah dalam bentuk yang realistis dan detail. Dalam keadaan itulah Wedha mencari cara untuk melukis manusia dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan membayangkan wajah manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner. Bahkan ada yang menyabut gaya ini sebagai aliran Wedhaism. Beliau telah mengalami proses yang panjang dalam membuat karyanya, Dan ini merupakan karya asli buatan Indonesia.

Bentuk dan teknik gambar ini sangat khas, ia gambarkan wajah para tokoh itu disusun dalam mosaik warna yang dipecah menurut faset-fasetnya. Bukan dalam pengertian kubisme, tapi lebih menggabungkan ragam warna yang harmonis sehingga membentuk tokoh yang digambarkan. Meski karyanya tidak detail, namun mampu mewakili karakter wajah dengan sangat baik. (RN)

You Might Also Like

0 comments