ASAL USUL SI RENDANG

By 22:01

Hai sobat! pasti kalian sudah tahu kan dengan makanan yang satu ini? Yaps benar sekali, makanan ini adalah rendang. Rendang merupakan makanan khas sumatera barat yang sangat terkenal lho, sobat! Bahkan makanan ini sampai go international dan dinobatkan menjadi makanan ter-favorite didunia oleh CNN. Nah, kali ini kita akan membahas asal usul kuliner ini sob.
Tapi sebelumnya kami mau tanya nih! ada yang tau gak sih kalian tentang asal usul kuliner ini? hayo apa sob? pada pusing kan mikir apa jawabannya? Hehe. Ya udah deh kami kasihkan infonya, simak baik-baek ya!!

Asal usul rendang menurut catatan sejarah rendang minang itu  mulai pada awal abad ke 19 sob, tapi ada juga yang beranggapan kalau rendang itu sudah ada sejak abad ke 16. Sedangkan menurut liberatur, tertulis di abad ke 19 yang menyatakan bahwa masyarakat minang di wilayah darat biasa melakukan perjalanan menuju selat malaka hingga ke singapura yang makan waktu satu bulan. Wow.. pastinya lama ya sob? Dan dikarenakan sepanjang jalan tidak ada perkampungan, maka para perantau ini berinisiatif untuk menyiapkan bekal yang tahan lama yaitu rendang.

Dulu itu masyarakatnya masih sangat tradisional, sehingga dalam mengawetkan makanan pun menggunakan metode pengasapan dan pengeringan lho sobat. Pengeringan dan pengasapan dilakukan dengan memasak sedemikian lamanya sampai mengering perlahan lahan seperti halnya nama rendang lho sobat, rendang sendiri berasal dari kata “ merandang” yang artinya memasak santan kelapa sampai mengering perlahan.

Nah, mungkin sekian dulu ulasan mengenai rendang kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat.

BP_RED

You Might Also Like

0 comments