Tips Menghemat Baterai Blackberry

By 07:54

Ketemu lagi sobat, kali ini kita akan membahas cara menghemat baterai blackberry, ponsel pintar yang satu ini memang lagi trend deh, ponsel yang terkenal dengan Blackberry Messenger (BBM) nya sampai saat ini masih digandrungi anak muda jaman sekarang. Masalah pelik yang ada dalam ponsel ini yaitu baterai nya yang cepet habis bahkan dalam waktu 1 haripun baterai nya pun juga ngedrop. Mau tahu bagaimana cara menghemat baterai blackberry? Langsung saja ikuti tips dibawah ini:

1. Pilih operator yang tepat

Operator yang sobat gunakan berpengaruh juga lho terhadap ketahanan baterai blackberry. Karena kuat lemahnya sinyal jaringan yang ada dalam operator akan menguras daya baterai kita. Usahakan memilih operator yang sinyal nya stabil. Operator yang memiliki jaringan yang buruk akan memaksa ponsel untuk mencari sinyal yang berujung pada banyaknya daya yang digunakan.

2. Ubah jaringan ke 2G

Ketika sobat tidak membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi, sebaiknya ubah jaringan sobat dari 3G ke 2G. Sobat akan tetap mendapatkan update seperti email masuk atau push notification lain dalam jaringan ini, namun transfer rate atau kecepatan transfer yang rendah pada jaringan 2G tentu saja membutuhkan pasokan daya yang lebih sedikit. Dan lagi jaringan 2G biasanya relatif lebih stabil dibanding 3G.

Jaringan 2G 1
Jaringan 2G 2
Pengaturan untuk memaksa BlackBerry tetap menggunakan jalur 2G bisa ditemukan  pada menu Options> Networks and Connection> Mobile Network.  Ubah pilihan network mode menjadi 2G.

3. Matikan aplikasi yang berjalan di background

Seringkali pengguna keluar dari aplikasi yang digunakan hanya dengan menekan tombol end call. Cara ini sebenarnya tidak benar-benar menghentikan aplikasi. Artinya ruang pada memori RAM masih aktif digunakan demikian pula prosesor yang bekerja lebih keras, dan kedua hal tersebut tentu membutuhkan daya yang lebih besar.
Matikan Aplikasi 1
Sobat bisa menggunakan fitur application switcher untuk melihat apa saja aplikasi yang masih berjalan di background dengan menekan tombol menu > Switch Application atau tahan tombol menu beberapa saat.
Matikan Aplikasi 3
Matikan Aplikasi 4
Masuk ke aplikasi yang akan dimatikan, tekan tombol menu pilih close atau exit. Beberapa aplikasi yang tertampil pada Application Switcher tidak bisa dimatikan misalnya Home, Browser, Phone, Messages dan BBM.

4. Gunakan pouch/sarung BlackBerry

Pouch bawaan ataupun buatan pihak ketiga yang didesain khusus untuk BlackBerry biasanya dilengkapi magnet yang akan membuat smartphone masuk ke mode standby yang juga akan mematikan layar. Perlu diketahui, layar merupakan salah satu sektor yang paling banyak memakan daya baterai.
Blackberry Storm Pouch
5. Atur kecerahan layar

Semakin tinggi tingkat brightness, semakin banyak daya yang digunakan baterai. Maka sobat bisa mengurangi level brightness di ponsel blackberry sobat
Atur Kecerahan 1
Atur Kecerahan 2
Untuk itu sebaiknya atur tingkat brightness layar ke level yang rendah namun tetap nyaman untuk melihat gambar yang tertampil di layar.

Pengaturan brightness tersedia pada menu Options> Display> Screen Display. Selanjutnya sobat dapat menyesuaikan level brightness nya.

6. Manfaatkan fitur auto on-off

BlackBerry dilengkapi fitur auto on/off secra default fitur ini memungkinkan spbat mengatur agar BlackBerry hidup atau mati pada waktu yang ditentukan. Fitur ini juga digunakan agar tidak menganggu istirahat sobay, fitur ini juga membuat BlackBerry tidak mengkonsumsi daya saat tidak diperlukan misalnya di tengah malam.
Manfaatkan Fitur Auto On Off 1
Manfaatkan Fitur Auto On Off 2
Fitur ini tersedia pada menu Options> Devices> Auto On/Off.
Manfaatkan Fitur Auto On Off 3
Tandai (centang) pilihan enable untuk mengaktifkan fitur ini,  kemudian atur waktu saat sobat menginginkan BlackBerry mati (off) dan hidup (on) secara otomatis. Jika sudah tekan tombol back> Save untuk menyimpan pengaturan.

Pengaturan juga memisahkan antara weekdays (senin-jumat) dan weekend (sabtu-minggu) untuk memudahkan pengguna yang memiliki waktu istirahat berbeda pada kedua waktu tersebut.

7. Gunakan theme bawaan

BlackBerry memiliki banyak sekali pilihan theme menarik yang siap di unduh dari AppWorld. Asyiknya, banyak theme yang menggunakan wallpaper animatif (dengan gambar bergerak) yang diantaranya bisa didapatkan gratis.
Gunakan Theme Bawaan 1
Gunakan Theme Bawaan 2
Namun penggunaan theme dengan wallpaper animatif sebenarnya meningkatkan pekerjaan ponsel dan tentunya membuat ponsel mengkonsumsi daya lebih besar.

Jadi sebaiknya gunakan theme bawaan atau theme lain yang lebih sederhana.

8. Sesuaikan pengaturan profil

Sobat juga bisa melakukan beberapa penyesuaian pada profil yang digunakan agar lebih irit baterai.
Pertama, sobat bisa menyesuaikan volume suara nada dering agar tidak terlalu keras namun tetap terdengar ketika ada panggilan masuk.
Sesuaikan Profil 1
Sesuaikan Profil 2
Matikan juga notifikasi melalui lampu LED, karena biasanya tidak banyak menolong selama nada dering sobat masih aktif.
Sesuaikan Profil 3
Sesuaikan Profil 4
Terakhir, sebaiknya matikan semua notifikasi suara, LED dan getar untuk email, SMS, BlackBerry Messenger, kalender, dan aplikasi lainnya yang memiliki push notification. Ketika ada pesan yang masuk, sobat tetap dapat mengetahuinya melalui layar pada notification center atau tanda pada ikon aplikasi yang menerima pesan.
Sesuaikan Profil 5
9. Matikan fungsi yang tidak dibutuhkan

Beberapa fungsi terkadang dibiarkan aktif meski sedang tidak dibutuhkan. Misalnya wifi, jika fungsi ini diaktifkan BlackBerry secara berkala akan melakukan pemindaian (scanning) untuk menemukan jaringan wifi yang tersedia dan hal tersebut tentunya menggunakan daya baterai.

Wifi bisa di matikan melalui pilihan manage connection yang bisa diakses dengan menyentuh area yang menunjukkan jam di homescreen. Di pilihan ini juga Bluetooth bisa dinonaktifkan saat tidak digunakan.
Matikan Fungsi Yang Tidak Dibutuhkan 1
Matikan Fungsi Yang Tidak Dibutuhkan 2
Matikan Fungsi Yang Tidak Dibutuhkan 3
Suara yang terdengar ketika sobat menekan tombol pada keypad juga bisa dimatikan melalui menu Options> Typing and Language>Keyboard. Kemudian hilangkan centang pada pilihan Key Tone.

Fitur lain yang bisa dinon aktifkan adalah GPS yang pengaturannya tersedia pada menu Options> Device> Location Setting. Ubah pilihan Location Services menjadi Location Off.

Sumbernya: http://www.tabloidpulsa.co.id/tips-and-apps/5641-tips-hemat-baterai-blackberry

You Might Also Like

0 comments