Monorel Jakarta Sudah Bisa Dilihat di Monas

By 22:41

Secara fisik bentuk monorel buatan perusahaan changchun railways, China ini tidak jauh berbeda dengan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek. Hanya saja monorel menggunakan rel tunggal. Proyek monorel DKI Jakarta akan selesai pada tahun 2016.

Impian warga Jakarta untuk memiliki monorel sudah di depan mata. Dua gerbong monorel telah tiba dari China, Sabtu (8/6) dini hari. Monorel itu akan dipamerkan PT Jakarta Monorail dan Perusahaan Changchun Railways di arena Monumen Nasional (Monas) mulai 22 Juni mendatang.



Proyek transportasi massal berupa monorel di DKI Jakarta segera dilanjutkan bulan ini menyusul rampungnya dokumen yang dipersyaratkan. Gubernur DKI Joko Widodo menyampaikan dokumen persyaratan sudah selesai, tetapi baru dokumen internal saja yang masuk ke mejanya, sedangkan dokumen eksternal dari PT Jakarta Monorail (JM) belum diterima.

"Boleh dikatakan ini sudah selesai, tapi (dokumen eksternal) belum sampai di meja saya. Kalau sudah sampai meja saya, sudah bisa langsung nerusin ngecor," katanya.



Dengan semua kesiapan dokumen itu, lanjut Jokowi, kelanjutan proyek kemungkinan besar dimulai bulan ini karena sudah tidak ada yang ditunggu lagi. Karena contoh (full scale train) dari perusahaan asal China, Changchun Railway Vehicle Co. Ltd (CNR), juga sudah sampai Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sangat bisa (dimulai bulan ini). Monorel sudah sampai di sini contohnya, minggu depan mau dipamerin di Monas," katanya.

Secara tidak resmi proses menuju proyek lanjutan monorel sudah tidak ada kendala. Jokowi meminta kepada PT JM bisa segera bekerja merealisasikan transportasi massal berbasis rel tunggal tersebut.

"Tapi artinya belum resmi, karena saya belum teken, resminya belum," jelasnya.

Sejumlah pekerja menurunkan gerbong monorail di halaman Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (8/6) dini hari. Gerbong tersebut akan dipamerkan kepada masyarakat umum untuk memberikan informasi mengenai monorail yang direncakan akan beroperasi di Jakarta.


Sumber: http://www.medianesia.com/read/2013/06/08/Monorel-Jakarta-Sudah-Bisa-Dilihat-di-Monas/3159

You Might Also Like

0 comments