MENGHINDARI PENIPUAN DALAM TRANSAKSI ONLINE

By 15:31


Hai sobat jurnalis, kali ini kita ngomongin bisnis online. Bisnis online belakangan ini memang sangat popular di dunia. Beberapa pebisnis yang pemula maupun yang sudah punya perusahaan besar berlomba-lomba terjun ke media ini. Karena penggunaannya yang memang mudah dan gratis, dengan promosi yang tanpa batas dan bisnis ini di prediksi akan menjadi media utama di masa depan. Cara ini memang sangat ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru. Namun juga tidak banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang beruaha mengeruk keuntungan sendiri dengan melakukan penipuan yang berkedok bisnis online. Penulis pun pernah ketipu uang 500rb karena ulah penipu ini, rencana membeli sebuah barang, sudah ditransfer uangnya, tapi barang tidak dikirim. Inilah beberapa tips menghindari penipuan dalam transaksi online

  • Sebelum membeli, hendaknya cek dulu reputasi dan testimoni si seller (penjual). Jika seller punya pelayanan bagus dan melakukan bisnis nya dengan baik dan professional, pastinya reputasi akan bagus dan testimoni berdatangan dari buyer (pembeli). Kita bisa menemukan ini di situs jual beli kaskus, anda bisa mengunjungi kaskus.co.id/fjb , penulis pun suka mangkal disitu untuk berjualan. Tanya orang yang sudah melakukan transaksi ke seller yang akan dituju. Jika seller tidak punya reputasi dan testimoni bisa dipastikan bahwa seller ini melakukan penipuan.
  • Pastikan seller mau di ajak COD/Ketemuan. COD merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery. Yang mana buyer dan seller melakukan kesepakatan ketemuan di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Kalau seller di dalam kota, kita bisa mengajaknya COD. Kalau seller berada di luar kota kita harus berpikir 2 kali, pastikan bahwa seller bisa dipercaya, kalau kita beli di luar kota, barang akan dikirim menggunakan jasa expedisi seperti Pos, Kurir, dsb.
  • Jangan tergiur iming-iming yang tidak masuk akal. Penulis pun sempat tertipu oleh iming-iming ini. Iming-iming ini pun beragam, ada yang menawarkan harga yg lebih murah daripada standart pasaran. Contohnya, apabila kita menemukan toko online yang menjual hp blackberry yang lebih murah daripada pasaran, jangan langsung percaya, bisa jadi ini adalah trik penipu untuk melancarkan aksinya. Telusuri dulu reputasi dan sejenisnya seperti yang ada di point no 1.
  • Jika bertransaksi, gunakan rekber (rekening bersama), rekening bersama ini tugasnya menghandle semua transaksi antara seller dan buyer. Contoh rekber yang pernah saya gunakan di situs jual beli kaskus yaitu blackpanda, king tj, dsb (maaf menyebutkan merek). Cara kerjanya seperti ini:
  • Jangan pernah memberitahukan tentang identitas kerahasiaan rekening / atm sobat, bisa jadi si penipu akan menyedot uang di dalam rekening sobat ketika sudah mengetahui identitas kerahasiaan.
  • Jika melakukan transaksi di luar kota, pastikan kamu menanyakan no resi jasa expedisi, nomor resi ini berfungsi untuk melacak keberadaan barang sobat di situs resmi jasa expedisi. Dan pastinya lebih nyaman. Contoh pelacakan nomor resi ada di bawah ini memakai jasa kurir.


1. Pembeli transfer ke rekber (sejumlah harga barang+fee rekber)

2. Pembeli posting di thread rekber sesuai format
3. Rekber konfirmasi ke penjual agar barang di kirim ke pembeli
4. Penjual konfirmasi ke rekber via telepon untuk klarifikasi kebenaran data transaksi
5. Penjual mengirim barang
6. Pembeli terima barang sesuai perjanjian dan konfirm ke rekber
7. Dana di teruskan ke penjual
8. Selesai


Sekian informasi kali ini, hendaknya kita teliti sebelum membeli, jangan terburu-buru membeli sesuatu. Pikirkan dahulu, semoga tips ini bermanfaat. Salam Jurnalis.

Sumber: Pengalaman Pribadi

You Might Also Like

0 comments