Perbedaan DVD RW, DVD ROM, DVD RAM

By 09:14



Hallo sobat jurnalis, gimana nih kabarnya? Masih baik aja kan. Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan DVD RW, DVD ROM, DVD RAM. Yaps, saat kita ingin membeli DVD Drive di toko komputer, kita akan ditanya oleh petugas. “Mau DVD Jenis apa? RAM, ROM, atau RAM?” Dan kita masih kebingungan. Apa sih perbedaan serta keunggulan dan kekurangan masing-masing jenis tersebut. Mari kita bahas:

DVD RW (DVD Read-Writer):

Jenis DVD ini multifungsi lho sobat, selain sobat dapat memutar video, music, serta membuka software/file yang ada dalam DVD/CD. Sobat bisa melakukan proses burning, yaitu proses pembakaran file yang ada di PC/laptop ke dalam Disk, maksudnya dibakar itu memasukkan file ke dalam disk. Yang mana laser yang ada dalam DVD Drive menulis dan menerjemahkan ke image yang ditulis ke dalam disk. Sobat bisa melakukan proses burning dengan menggunakan bantuan software Nero, UltraIso, DVD Decrypter, dan sebagainya. Kelebihannya yaitu DVD Drive ini dapat digunakan mengcopy disk dalam jumlah banyak. Kekurangannya yaitu laser di dalam DVD Drive mudah rusak karena sering nya melakukan proses burning.


DVD ROM (DVD Read Only Memory):

DVD Drive ini tidak seunggul DVD RW, namun lebih awet dari DVD RW, yang mana tugas DVD Drive ini hanya dapat membaca data disk dan tidak bisa melakukan proses burning seperti di DVD RW. Keunggulannya yaitu awet dan daya baca disk lebih kuat. Kelemahannya yaitu Disk yang dapat terbaca oleh DVD Drive ini hanya beberapa vendor disc produk ternama seperti Max**l, GT-**O, Ver**tim dan sebagainya. (maaf disensor nanti dikira promosi J)


DVD RAM (DVD Random Access Memory)

Hampir sama seperti DVD ROM, yang hanya membedakan yaitu sobat bisa melakukan save sementara di dalam disk, sehingga data yang ada di dalam disk yang telah diburning dapat dihapus dan ditimpa file lainnya.

Sekian, Semoga Bermanfaat!


Sumber:
-          Pengalaman Pribadi
-          Amazon.com
-          EHow.com

You Might Also Like

1 comments