1 Kertas = 1 Pohon

By 21:31


Indonesia berada pada urutan ke- 9 sebagai Negara penghasil pulp dan kertas terbesar di dunia. Kertas dan pulp didapat dari pohon yang dapat menghasilkan oksigen untuk manusia dan hewan. Jika pohon ditebang, bagaimana nasib alam kita dimasa mendatang ?

Satu kertas sama dengan satu pohon. Ya, itu memang slogan yang tepat saat ini. Disaat global warming menjadi permasalahan serius di berbagai Negara, semakin besar produksi kertas semakin banyak pohon yang tumbang. Kalau pohon tumbang untuk kebutuhan kita, berapa banyak yang akan bertahan untuk masa depan kita ?

Ironis memang. Jika sebuah kertas dapat mematikan sumber oksigen bagi manusia. Untuk menghasilkan 16 rim kertas kita harus merelakan satu batang pohon yang dapat menghasilkan oksigen untuk 3 orang. Dari satu batang pohon itupun hanya 1/3 bagiannya yang bisa digunakan sebagai bahan baku kertas. Untuk dapat diolah jadi kertas aja pohon butuh waktu 10 tahun untuk tumbuh. Bayangkan saja, setiap hari dunia kehilangan 1.732,5 Ha hutan, karena ditebang untuk menjadi bahan baku kertas. Tentunya dengan perbandingan yang masih jauh. 3 ton kayu hanya menghasilkan 1 ton kertas.

3 ton kayu sama dengan berapa batang kayu ? Bumi tak lagi hijau untuk masa mendatang. Salah satu sumber menyebutkan dalam satu hari mahasiswa dalam satu fakultas menghabiskan 19 batang pohon dengan 800kg kertas. Kalau satu universitas saja menghabiskan begitu banyak, bagaimana dengan sekolah, kantor, dll. Waah tak terhitung banyaknya.

Sebagai generasi muda kita juga harus sadar lingkungan. Mulai dari hal sepele seperti kertas. Sebelum terlambat kita masih bisa menyelamatkan bumi kita dengan cara mengurangi mencetak dokumen yang kiranya tidak terlalu penting, sering melakukan reboisasi, amplop yang masih rapi masih bisa digunakan, nama pengirimnya masih bisa ditiban dengan kertas kosong, masih terlihat rapi kok, tak lupa dengan mendaur ulang kertas.

Dengan mendaur ulang dan menghemat kertas, banyak fakta menarik yang akan kita dapatkan. Mendaur ulang 54kg kertas menyelamatkan 1 batang pohon. Jika 1 ton kertas kita akan menyelamatkan kira-kira 17 batang pohon. Selain menyelamatkan pohon, 682,5 galon bahan bakar dan 7000 galon air serta 4000 kwh listrik juga ikut terselamatkan. Banyak yang akan kita selamatkan jika kita peduli pada lingkungan. Selamatkan pohon, hijaukan bumi ! (irma/red)

dari berbagai sumber

You Might Also Like

0 comments