NIKMATI SAHUR SEMBARI BERBURU METEOR

By 17:39



Bulan Ramadhan bulan penuh kebahagiaan. Ramadhan harus kita sambut dengan penuh rasa bahagia. Seperti halnya hujan meteor yang ikut memeriahkan bulan suci Ramadhan. Tahukah Anda apa itu hujan meteor?? Hujan meteor (meteor shower) merupakan peristiwa terlihatnya puluhan hingga ratusan meteor dalam semalam. Batuan yang menjadi asal meteor biasanya berasal dari serpihan debu Komet atau debu Asteroid, dan akan berdampak sebagai hujan meteor jika bumi melintasi daerah puing-puing komet atau puing asteroid tersebut. Hujan meteor selalu terjadi di tanggal yang sama setiap tahunnya. Nah, Ramadhan tahun ini kita dapat menikmati pemandangan hujan meteor sembari sahur.
Tanggal 28-29 Juli 2012 merupakan puncak hujan meteor Delta Aquarids. Kali ini yang menjadi radian atau arah datangnya meteor berada di rasi Aquarius. Cukup arahkan kedua mata ke langit timur waktu dini hari, dan sekitar 20 meteor akan terlihat tiap jamnya.
Satu lagi hujan meteor yang juga akan menghiasi waktu sahur Anda,yaitu Hujan meteor Perseids. Merupakan hujan meteor yang berasal dari serpihan komet Swift-Tuttle yang akan tampak muncul dari arah rasi Perseus di langit utara. Sekitar 90 meteor tiap jam diperkirakan akan melintas di langit gelap berhias bulan sabit, tatkala puncaknya di tanggal 12-13 Agustus 2012, lepas tengah malam hingga fajar tiba.
Bagaimana cara mengamatinya? Sangatlah mudah. Berikut tips & trik cara berburu meteor :
  1. Akan lebih bagus mengamati hujan meteor lepas tengah malam pada waktu puncaknya
  2. Pastikan dulu cuaca dalam keadaan cerah, tidak mendung, apalagi hujan.
  3. Biasakan mata dalam keadaan gelap sekitar 15 menit sebelum mengamati hujan meteor
  4. Carilah tempat yang luas dan jauh dari polusi cahaya. Misalnya di tanah lapang
  5. Berbaringlah diatas tanah atau bangku untuk menatap langit
  6. Agar Anda mudah mendapatkan meteor, Anda cukup memfokuskan pandangan Anda pada titik radiannya, maka meteor akan terlihat dengan sendirinya meskipun terlihat diujung mata
  7. Gunakan peta bintang untuk memudahkan pengamatan Anda
  8. Hujan meteor tidak dapat diamati menggunakan alat bantu seperti teropong atau teleskop, karena pergerakannya sangat cepat. Jadi cukup menggunakan mata telanjang dalam perburuannya.
Nah, tertarikkah Anda untuk berburu meteor ditengah malam? Bersiaplah dengan udara dingin yang menyerang di malam hari. Maka disarankan agar Anda memakai pakaian hangat, karena pertunjukan ini dapat berlangsung lama. Selamat berburu meteor....J

You Might Also Like

0 comments