Tips Buat Ujian Semester

By 21:18





Hai sobat Pio, mulai tanggal 12 Desember nanti, kita bakal mengarungi lautan ujian semester. Biar kita bisa sampai di tepi pantai nilai yang bagus. we must prepare it with study hard. tapi ga asal belajar aja lho.. So, kita punya sedikit tips buat kamu.

1. Siapkan waktu sebaik mungkin.
Mulai sekarang, stop main ! stop smsan ! stop FB.an ! dan stop semua hal yang ga bermanfaat buat kita. It's time to care for mata pelajaran yang akan diujikan. Pehatikan mata ujian mana yang lebih dulu diujikan , lalu mualilah dengan membuat jadwal belajar. Apalagi waktu weekend.

2. Pelajari kembali catatanmu setiap hari.
catatan jangan hanya buat koleksi aja, tapi bacalah setiap pulang sekolah. Biar kamu lebih paham mengenai materi yang pernah disampaikan guru kamu.

3. Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang sebelumnya.
Seringkali kita dapet nilai jelek atau bagus waktu ulangan. Berhubung nilainya bagus, kita simpen. Yang jelek kita buang. Itu tindakan yang salah ! Simpanlah soal-soal yang pernah diujikan ! Lalu pelajari lagi. Siapa tahu akan keluar lagi saat ujian nanti .

4. Buatlah kelompok belajar.
dengan belajar kelompok, kita bisa share masalah-masalah kita dan kesulitan kita dalam menjawab suatu soal. Sehingga kesulitan itu bisa kita pecahkan bersama-sama dan kita jadi lebih mengerti tentang materi tersebut.

5. Ikuti bimbingan belajar.
Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri kita menghadapi ujian atau ulangan umum adalah mengikuti bimbingan belajar. Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Bila kita tidak mengerti, kita dapat menanyakannya pada guru bimbingan belajar tersebut.

6. Jaga kesehatan tubuh.
ingat, saat ini sedang musim hujan lho.. Biasakan diri untuk hidup sehat, karena penyakit dapat menular dan menyerang tubuh kita sewaktu-waktu. Siapkan tubuhmu agar kita fit dan dapat mengerjakan ujian dengan lancar.

7. "Aku bisa!"
Hal ini yang sering jadi permasalahan saat uian berlangsung. Kita sering tidak "Pede" lalu lebih memilih untuk menengok jawaban teman yang tak diketahui kebenarannya.
saat ujian, yakinlah bahwa kamu bisa dan telah siap untuk menghadapi ujian. Dengan begitu, kamu akan lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan soal.

8. Selesaikan belajar sehari sebelum ujian atau ulangan umum dimulai.
Kebiasaan banyak siswa menggunakan sistem kebut semalam untuk belajar, yang berlanjut pada tidur terlalu malam dan berujung perasaan kantuk saat ujian berlangsung. Hindari hal ini, karena bisa menggangu konsentrasimu saat mengerjakan soal.

9. Datanglah lebih pagi.
Bukannya takut terlambat masuk kelas saja, selain itu "datang lebih pagi" bisa jadi alternatifmu untuk sedikit mengulang materi yang sudah kamu pelajari di jauh-jauh hari. jika kamu datang terlambat, maka kamu akan tergesa-gesa dan kemungkinan ingatanmu tentang materi yang sudah dihafalkan akan berkurang. Jadi, datang lebih awal ya !:)


Itulah sedikit yang bisa kita bagi buat kamu. GOOD LUCK FOR SEMESTER EXAMINATION :D
(humb/red)

You Might Also Like

0 comments